Meriahkan HUT Ke-78, PGRI Tambangan Gelar Sejumlah Kegiatan

Camat Tambangan Enda Mora Lubis ketika melepas peserta gerak jalan santai memeriahkan HUT PGRI ke-78 yang mengambil star di Kelurahan Laru Lombang Kecamatan Tambangan Kabupaten Mandailing Natal, Sabtu ( 09/12/2023). Fhoto : Warta Mandailing / Munir Lubis).
Camat Tambangan Enda Mora Lubis ketika melepas peserta gerak jalan santai memeriahkan HUT PGRI ke-78 yang mengambil star di Kelurahan Laru Lombang Kecamatan Tambangan Kabupaten Mandailing Natal, Sabtu ( 09/12/2023). Fhoto : Warta Mandailing / Munir Lubis).

WARTAMANDAILING.COM, Mandailing Natal – Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Persatuan Guru Republik Indonesia ( HUT-PGRI) ke-78 tahun 2023, jajaran Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kecamatan Tambangan, Kabupaten Mandailing Natal menggelar berbagai kegiatan salah satunya gerak jalan santai, Sabtu (09/12/2023).

Gerak jalan santai dengan rute start Kelurahan Laru Lombang, melintasi jalan lintas Sumatera Pusat Pasar Laru – Laru Bolak dan finish di lapangan SMP Negeri 1 Tambangan di Laru Baringin yang diikuti kontingen dari jajaran Forkopincam, unit kerja dinas dan instansi, petugas PPK dan Panwaslu setempat serta kepala sekolah dan guru mulai dari tingkat TK/ PAUD, SD, SLTP dan SLTA yang ada di daerah itu.

Kegiatan gerak jalan santai yang dilepas Camat Tambangan Enda Mora Lubis, juga dihadiri Ketua PGRI Madina Zulhamsyah, mewakili Danramil 014 Kapten Inf Syaiful Abdi, mewakili Kapolsek Kotanopan Iptu Parsaulian Ritonga, Sekcam Tambangan Bahren Daulay, Korwil VII Dinas Pendidikan H. Ahmad Gous, ketua PGRI Tambangan Muhammad Ikhsan, para lurah/ kepala desa serta panitia pelaksana lainnya.

Ketua PGRI Tambangan Muhammad Ikhsan menyampaikan tujuan jalan sehat bersama dilaksanakan dalam rangka memeriahkan HUT PGRI ke-78. Selain itu, untuk mengikat nuansa tali silaturrahmi dan menjalin kebersamaan antara PGRI, guru, murid, dinas/ instansi serta berbagai kelompok masyarakat.

“Penyelenggaraan jalan santai yang dilakukan oleh PGRI ini diharapkan dapat meningkatkan ukhuwah Islamiyah dan tali silaturrahmi seluruh satuan pendidikan yang terdiri dari tenaga pendidik dan kependidikan yang ada dengan berbagai elemen masyarakat khususnya dalam membangun profesionalisme dalam pembelajaran kurikulum merdeka melalui pendidikan yang berkualitas di daerah ini ,” ucapnya.

Camat Tambangan Enda Mora Lubis menyambut baik digelarnya kegiatan gerak jalan santai dalam rangka memeriahkan HUT PGRI itu. “ Kegiatan jalan santai ini kita harapkan dapat dijadikan sebagai ajang pemersatu, kebersamaan dan membangun kekompakan ke depannya untuk dapat memajukan Kecamatan Tambangan dalam segala bidang terutama dalam bidang pendidikan ,” ujarnya.

Dikatakan, untuk ulang tahunnya yang ke-78, tema yang diangkat adalah ‘Transformasi Guru, Wujudkan Indonesia Maju’. Tema tersebut bermakna bahwa transformasi atau perubahan guru menjadi pilar utama untuk memajukan Indonesia khususnya di Kecamatan Tambangan.

Read More

“Tentunya dengan tema tersebut, kita berharap kepada para guru di Kecamatan Tambangan ini untuk dapat semakin meningkatkan solidaritas serta kerjasama dengan para orang tua murid, lurah dan kepala desa serta semua pihak yang terdapat di kecamatan ini dalam meningkatkan dunia pendidikan berkualitas ,” ucapnya.

Sementara ketua PGRI Madina Zulhamsyah mengungkapkan bahwa kegiatan jalan santai sangat positif dalam meningkatkan kebersamaan diantara para guru dengan semua pihak terkait khususnya dengan jajaran Muspika Tambangan dalam hal peningkatan profesionalisme.

Menurutnya, Hari Ulang Tahun (HUT) kali ini harus menjadi momentum bagi guru untuk lebih giat lagi menggali potensinya masing-masing dalam hal peningkatan kualitas guru untuk menopang pembelajaran di satuan pendidikan maupun di tempat kerjanya masing-masing.

Kemudian kiranya dapat menjadi moment kerjasama dan dorongan yang sangat baik bagi para guru untuk membangun komunikasi dengan semua lini khususnya dengan pemerintah Kecamatan guna membangun dunia pendidikan yang berkualitas serta meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di daerah itu.

“Melalui HUT PGRI ke-78 kita harapkan kepara guru-guru untuk dapat terus menggali potensinya masing-masing, khususnya dalam menjaga disiplin kerja, profesionalisme, meningkatkan kemampuan belajar sesuai dengan harapan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek ) dalam hal pengembangan profesionalisme guru ,” ujarnya.

Usai kegiatan jalan santai, pihak panitia penyelenggara juga menggelar lucky draw dan berbagai hiburan dan lomba yang melibatkan pegawai dinas dan instansi serta guru-guru dari sekolah tingkat SD, SLTP dan SLTA yang terdapat di daerah tersebut. (Munir Lubis).