“Halak kita” Harapan dan Peluang ke Senayan dan Duduk di Kursi DPRD Sumut

Background Bagas Godang Pidoli Dolok, Foto sejumlah Caleg DPR RI dan Caleg DPRD Sumut diharap dan diyakini berpeluang halak hita duduk di Senayan dan "duduk" di kursi DPRD Sumut. fhoto : Istimewa.
Background Bagas Godang Pidoli Dolok, Foto sejumlah Caleg DPR RI dan Caleg DPRD Sumut diharap dan diyakini berpeluang halak hita duduk di Senayan dan "duduk" di kursi DPRD Sumut. fhoto : Istimewa.

WARTAMANDAILING.COM, Mandailing Natal – Dalam kajian Komunitas Sitogol ada harapan dan diyakini berpeluang halak hita duduk di Senayan dan “duduk” di kursi DPRD Sumut. Insya Allah.

“Harapan mencuat, jika Caleg DPR RI Dapil II
berhasil “menembus” ke Senayan akan memberi porsi maksimal mengurus kepentingan warga Madina ke pemerintah pusat,” ujar Ketua Komunitas Sitogol Syahren Hasibuan, jurnalis yang juga dikenal DPR Jalanan, yang dipilih secara aklamasi, Minggu (10/12/2023).

Syahren merinci beberapa nama halak hita yang diharap dan berpeluang “menembus” ke Senayan.

Dari daftar caleg DPR RI daerah pemilihan Sumut II, ada dua warga Madina dan saat ini juga berdomisili di Kab. Madina ikut sebagai caleg. Keduanya adalah Saparuddin Haji dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Eli Mahrani Lubis dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Ada juga dua nama lainnya berasal dari Kab. Madina namun identitas kependudukan di luar Kab. Madina, yaitu: Harun Mustafa Nasution dari Partai Gerindra dan Saifullah Nasution dari Partai Golkar.

Dari profil calon yang dipublikasi KPU RI, Saparuddin Haji disebutkan lahir di Desa Tambangan Pasoman Kecamatan Tambangan pada 15 September 1975.

Saparuddin Haji saat ini bertempat tinggal di Kelurahan Sipolupolu Kecamatan Panyabungan. Ia menyelesaikan pendidikannya di pondok pesantren Musthafawiyah Purba Baru 1994. Saparuddin Haji memiliki istri bernama Aisyah Lubis dan tiga anak.

Read More

Riwayat organisasi Saparuddin Haji yaitu pernah menjabat pengurus KNPI Sumut dan Ketua KADIN Kabupaten Madina.

Eli Mahrani Lubis, lahir di Panyabungan II 3 Februari 1975, saat ini bertempat tinggal di Kel. Panyabungan II Kecamatan Panyabungan. Dalam profil dipublikasikan KPU RI, Eli Mahrani diketahui sebagai istri H. Muhammad Jafar Sukhairi Nasution.

Dalam profil, Harun Mustafa Nasution disebutkan riwayat pekerjaan sebagai Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumut dan Direktur PT Madina Mining. Dan disebutkan lulus dari SMAN 1 Panyabungan.

Sedangkan caleg DPR RI Saipullah Nasution yang disebut-disebut berasal dari Kabupaten Mandailing Natal (Madina), pada profil caleg ia bertempat tinggal di Jakarta Timur.

Caleg DPRD Sumut

Komunitas Sitogol Irham H. Nasution mengungkapkan, ada sejumlah nama halak hita di Dapil VII yang diharap dan dinilai berpeluang duduk di kursi DPRD Sumut.

“Halak hita diharap dan berpeluang ini mereka inkumben, ada juga Caleg DPRD Sumut tergolong pendatang baru,” ujarnya.

Informasi lain diperoleh, Caleg DPRD Sumut asal Madina dari Dapil VII antara lain H. Aswin Parinduri, H. Awaluddin Nasution, Fahrizal Efendi Nasution, Rahmad Rayyan Nasution, Sobir Lubis, Tan Gozali Nasution, Ali Mutiara Rangkuti, Gusti Rangkuti, Iskandar Hasibuan, Syarifudin Ansyari, Mora Batubara, Wahiddin Arjun, Yulinar Lubis, M. Daud Lubis. (Red)