Kapolres Tapteng Hadiri Apel Siaga Pengawasan Kampanye Pemilu 2024

WARTAMANDAILING.COM, Tapanuli Tengah – Kapolres Tapanuli Tengah AKBP Basa Emden Banjarnahor, SIK, MH hadiri apel siaga pengawasan tahapan kampanye Pemilu tahun 2024 di Wilayah Kab. Tapanuli Tengah, Senin (11/12/2023) pukul 09.00 WIB.

Kegiatan yang dilaksanakan dilapangan Gedung Olah Raga Pandan tersebut dipimpin oleh Ketua Bawaslu Kab. Tapanuli Tengah Sinta Sari Dewi Napitupulu dan turut dihadiri oleh Muspida Plus Sibolga Tapteng, Para Komisioner Bawaslu Tapteng, KPU Kab. Tapteng, Panwascam, Panwaslu wilayah Kab. Tapteng dan Perwakilan Pengurus Partai Politik serta Komunitas Organisasi yang ada diwilayah Kab. Tapteng.

Dalam pidatonya Ketua Bawaslu Tapteng mengajak para stakeholder agar bersama sama memastikan peserta dan pelaksana Kampanye untuk mematuhi Undang-undang dan Peraturan yang berlaku dan siap sebagai garda terdepan untuk menegakkan undang-undang Pemilu serentak 2024 di Kab. Tapteng.

Kegiatan apel siaga tersebut di isi dengan Pembacaan Deklarasi Damai yang dibacakan oleh Perwakilan Partai Politik dan diikuti oleh Pengurus Partai Politik yang hadir, dengan isi :

  1. MELAKSANAKAN KAMPANYE SESUAI DENGAN ATURAN PERUNDANG-UNDANGAN YANG BERLAKU.
  2. TIDAK MELAKUKAN POLITIK UANG DAN MENJANJIKAN IMBALAN DALAM BENTUK APAPUN KEPADA PEMILIH.
  3. TIDAK MELAKUKAN INTIMIDASI, UJARAN KEBENCIAN DAN MENYEBARKAN BERITA HOAKS (BOHONG) DALAM BERKAMPANYE.
  4. TIDAK MELAKUKAN PENGHINAAN TERHADAP SESEORANG, AGAMA, SUKU, RAS, GOLONGAN, CALON DAN/ATAU PESERTA PEMILU YANG LAIN.
  5. TIDAK MENGIKUTSERTAKAN PIHAK-PIHAK YANG DILARANG DALAM PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN UNTUK IKUT BERKAMPANYE.
  6. MENDUKUNG BAWASLU KABUPATEN TAPANULI TENGAH MELAKUKAN PENCEGAHAN, PENGAWASAN DAN PENINDAKAN PELANGGARAN TERHADAP TAHAPAN KAMPANYE SESUAI DENGAN PERATURAN PERUNDANG – UNDANGAN YANG BERLAKU.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres Tapteng AKBP Basa Emden Banjarnahor, SIK, MH menyampaikan bahwa Pemilu serentak ini merupakan dari rakyat untuk rakyat bukan untuk segelintir orang, maka dari itu sebagai Pengawas Pemilu kita mendukung Bawaslu, Panwascam dan Panwaslu kiranya dapat melaksanakan tugas pengawasanya sesuai peraturan dan asas penyelenggaraan pemilu yang LUBER dan Polres Tapteng siap mengamankan tahapan Pemilu 2024 diwilayah Kab. Tapanuli Tengah.

“Mari kita berkomitmen bersama untuk melaksanakan Pemilu 2024 di Kabupaten Tapanuli Tengah yang Aman, Tertib, Adil dan Damai” Ucap Kapolres Tapteng.

Menutup kegiatan apel siaga tersebut dilaksanakan penandatanganan deklarasi damai oleh Partai Politik, TKD Pemenangan Capres dan Cawapres diketahui oleh Forkopimda Kab. Tapanuli Tengah dan dilaksanakan pengamanan serta pengaturan arus lalu lintas oleh Personil Polres Tapanuli Tengah. (LN)

Read More

Related posts