PPK Natal Lakukan Simulasi Putungsura Pemilu 2024

PPK Natal laksanakan simulasi Pemilu 2024, Minggu (4/2/2024) fhoto : Istimewa.
PPK Natal laksanakan simulasi Pemilu 2024, Minggu (4/2/2024) fhoto : Istimewa.

WARTAMANDAILING.COM, Mandailing Natal – Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Natal melakukan pemantapan pemahaman petugas penyelenggara Ad-Hoc Tingkat Desa, yang diikuti petugas TPS dan KPPS yang ada di Kecamatan Natal dengan melaksanakan Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara (Putungsura) hasil pemilu, di halaman Kantor Camat Natal, Minggu (04/02/2024).

Kegiatan yang dihadiri oleh seluruh unsur Forkopimcam Natal dan melibatkan seluruh Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan (KPPS) simulasi ini diperankan sebagai peserta Pemilu yaitu salah satu perwakilan KPPS di wilayah kecamatan Natal.

Simulasi ini memaparkan tentang tata cara dan tahapan serta teknik pelaksanaan pemungutan suara (Putungsura) pada Pemilu 2024, sosialisasi mulai dari pemasangan teratak (tenda), hingga cara menyusun/membangun Tempat Pemungutan Suara (TPS) sesuai dengan ketentuan regulasi yang berlaku, serta cara mengisi berita acara hasil penghitungan perolehan suara pemilu 2024 dan cara menggunakan Aplikasi Sirekap yang telah disiapkan oleh Komisi Pemilihan Umum secara tersistem bagi penyelenggara Pemilu.

fhoto : PPK laksanakan simulasi Pemilu 2024.

Diketahui, Pelaksanaan Pemilihan Umum Serentak Tahun 2024, tinggal sepuluh hari lagi, yakni Hari Rabu tanggal 14 Februari 2024, Ayo! pergunakan hak suara Anda.

Ketua PPK Natal Rinal Gibran mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian tahapan dari komisi pemilihan umum (KPU) Madina agar setiap PPK mensosialisasikan kepada PPS dan KPPS serta masyarakat di sekitar wilayah kerjanya masing-masing.

“Adanya simulasi Putungsura ini, diharapkan bagi rekan-rekan PPS dan KPPS nantinya tidak kaku lagi dalam menjalankan tugas dan fungsinya saat melaksanakan pemungutan suara, dan semoga Pemilu Serentak 2024 di Kecamatan Natal terlaksana dengan Sukses, “ujar Ketua PPK Natal. (Mhd Ali Nafiah)

Read More