Anak Sungai Aek Guo Meluap, Pemukiman Lorong 4 Simpang Gambir Terendam Banjir

Tampak seorang warga melintasi genangan air, Minggu (20/2/2024) fhoto : Istimewa.
Tampak seorang warga melintasi genangan air, Minggu (20/2/2024) fhoto : Istimewa.

WARTAMANDAILING.COM, Mandailing Natal – Hujan deras yang mengguyur wilayah Simpang Gambir yang menyebabkan anak Sungai Aek Guo meluap, akibatnya, pemukiman warga lorong 4 Kelurahan Simpang Gambir, Kecamatan Lingga Bayu, Kabupaten Mandailing Natal diterjang banjir. Selasa (20/2/2024).

Hujan lebat hampir satu jam tersebut mengakibatkan sejumlah rumah warga di wilayah itu terendam banjir. Peristiwa itu terjadi sekita pukul 18.00 Wib.

Ketinggian air yang masuk ke pemukiman warga diperkirakan mencapai 1 meter.

Mansirin warga setempat mengatakan, setiap musim penghujan lorong 4 kelurahan Simpang gambir selalu menjadi langganan banjir luberan dari anak sungai Aek Guo yang bermuara ke sungai Batang Natal itu sering terjadi.

“Sungai ini sudah semakin dangkal, ditambah lagi sampah berserakan sehingga menghambat laju aliran sungai, akibatnya air meluber ke pemukiman warga, “ujarnya.

fhoto : Air luapan sungai masuk ke dalam rumah warga.

Mansirin berharap kepada pemerintah daerah untuk menurunkan alat berat ke lokasi guna mengatasi permasalah sungai yang semakin dangkal dan menyempit itu, sebab jika musim hujan sungai akan meluap dan merendam pemukiman warga.

Read More

“Kami berharap adanya alat berat diturunkan ke lokasi untuk dilakukan pengerukan dan pelebaran aliran sungai dengan harapan ke depan tidak lagi menjadi langganan banjir luapan, “tutupnya. (Tim)