Menilik Kreativitas PKK Desa Tombang Bustak Menyediakan Aneka Buka Puasa

Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Desa Tombang Bustak Kecamatan Kotanopan, Kabupaten Mandailing Natal kembangkan ide kreatif dan inovasi untuk menggeliatkan ekonomi masyarakat selama Ramadhan 1445 H, Senin (18/3/2024) fhoto : Munir / Wartamandailing.

WARTAMANDAILING.COM, Mandailing Natal – Tingginya kebutuhan selama bulan suci Ramadhan, membuat Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Desa Tombang Bustak Kecamatan Kotanopan, Kabupaten Mandailing Natal kembangkan ide kreatif dan inovasi untuk menggeliatkan ekonomi masyarakat selama Ramadhan 1445 H ini.

Kader PKK Desa Tombang Bustak nampaknya terus menjaga kekompakan kelompok agar dapat berprestasi dan maju. Betapa tidak, di tengah kesibukannya sebagai ibu rumah tangga, mereka masih menyempatkan diri membuka lapak jajanan buka puasa (Parbuko, mandailing red).

Lapak jajanan buka puasa ini mereka buka di pinggir jalan Lintas Sumatera Desa Tombang Bustak,Kecamatan Kotanopan mulai pukul 15.00 Wib selama puasa Ramadhan 1445 H.

Di belakang lapak jajan buka puasa itu tertulis “ Wisata Kuliner Ibu-Ibu PKK Desa Tombang Bustak “ lengkap dengan aneka masakan dan jenis jajanan buka puasa. Selain makanan, di lapak mereka juga tersedia berbagai aneka minuman untuk buka puasa.

Berbagai aneka jenis buka puasa pun di jual, mulai dari kue bongko, lupis, cendol, goreng-gorengan, onde-onde, mie goreng dan berbagai macam minuman es. Sedangkan menu untuk bersantap makan mulai dari ikan bakar, ayam gulai, ayam bumbu, gulai ikan, tauco, pecal, urap, sayuran dan lainnya.

Ketua Tim Penggerak PKK Desa Tombang Bustak Entin Wartini, Senin (18/03/2024) mengatakan, untuk tahun ini anggota PKK Desa Tombang Bustak menyediakan lapak buka puasa.

“Jadi bagi warga yang ingin membeli jajanan buka puasa tidak perlu jauh-jauh lagi ke Pasar Kotanopan karena di tempat ini sudah tersedia. Selain jajanan buka puasa, kami juga menyiapkan lauk atau gulai untuk bersantap makan,” ucapnya.

Read More

Ia menjelaskan, modal dari jualan jajanan (Parbuko) buka puasa ini berasal dari PKK Desa Tombang Bustak. Begitu juga pelaksana dan masakan- masakan yang di jual berasal dari hasil masakan dari anggota tim PKK desa tersebut.

“Kegiatan ini diharapkan bisa menjadi inspirasi bagi warga dan anggota PKK lainnya untuk memanfaatkan moment-moment tertentu untuk pemberdayaan ekonomi, ”ujarnya.

Sementara Yuniarti Batubara dan Syawalina Harahap sebagai anggota PKK yang ikut langsung menjual jajanan puasa mengatakan, hadirnya jajanan buka puasa ini disambut warga dengan baik.

Mereka yang ingin membeli jajanan buka puasa, tidak perlu lagi jauh ke pasar Kotanopan, semuanya sudah tersedia di sini. Masalah harga, tidak jauh beda dengan tempat penjual jajanan buka puasa lainnya.

“Alhamdulillah, sejak buka mulai pertama puasa sampai hari ini, semua jajanan puasa dan lauk atau gulai setiap harinya semua terjual dengan habis, ”kata Syawalina Harahap.

Disebutkannya bahwa ide buka jajanan buka puasa ini muncul dari kawan-kawan anggota PKK untuk memanfaatkan moment Ramadhan 1445 H ini untuk menambah pemasukan keuangan anggota PKK.

“Alhamdulillah kawan-kawan sangat mendukung dan mau kerja sama dalam mengelola, mengolah makanan dan minuman yang bisa dijadikan ide kreatif. Kemudian secara bersama-sama menjajakan jualan kami selama bulan suci Ramadhan ini, “tuturnya. (Munir Lubis).