Disdik Tapsel Gelar Pesantren Kilat, Ramadhan Momentum Membangun Karakter Anak

Disdik Tapsel selenggarakan Pesantren Kilat (Sanlat) tingkat Sekolah Dasar se Tapanuli Selatan, sabtu (30/3/2024) fhoto: istimewa
Disdik Tapsel selenggarakan Pesantren Kilat (Sanlat) tingkat Sekolah Dasar se Tapanuli Selatan, sabtu (30/3/2024) fhoto: istimewa

WARTAMANDAILING.COM, Tapanuli Selatan – Untuk Memeriahkan bulan suci Ramadhan 1445 Hijriah, Dinas Pendidikan Kab. Tapanuli Selatan yang di nahkodai oleh, Arman Pasaribu melalui Bidang Pembinaan Sekolah Dasar (SD), Syarif Husin Harahap, selenggarakan Pesantren Kilat (Sanlat) tingkat Sekolah Dasar se Tapanuli Selatan.

Bertempat di SD Islam Terpadu Bina Insani, yang terletak di Desa Sialago, Kec. Angkola Barat, kegiatan tersebut dimulai dari tanggal 26 Maret – 1 April 2024.

Sanlat tersebut, kata Syarif Husin Harahap, diikuti oleh sebanyak 333 orang siswa yang di utus oleh masing – masing SD sebanyak 2 orang per SD.

Kegiatan itu terbagi dalam 3 zonasi waktu, dimulai zona pertama pada hari Selasa, 26 – 28 Maret 2024 di ikuti dari SD Kec. Angkola Barat, Kec. Marancar, Kec. Muara Batangtoru, Kec. Batang toru, dan Kec. Sangkunur, dengan jumlah peserta sebanyak 125 orang.

Untuk zona kedua dilakukan pada tanggal 28 – 30 Maret 2024 di ikuti oleh SD, Kec. AngkolaTimur, Kec. Sipirok, Kec. Arse, Kec. Saipar Dolok Hole dan Kec. Aek bilah dengan peserta 90 orang.

Terakhir Zona 3 dan juga sekaligus menjadi penutupan berakhirnya kegiatan Sanlat Ramadhan tersebut pada tanggal 1 April nanti di ikuti oleh Kec.Angkola Selatan,Kec. Batang Angkola, Kec Muaratais, Kec. Sayur Matinggi dan Kec. Tantom dengan jumlah peserta 118 Orang.

“Jadi kenapa kita bagi dalam 3 zonasi waktu pelaksanaan Pesantren kilat ini, lantaran kalau serentak sekaligus dengan jumlah siswa yang ikut sebanyak 333 peserta itu tidak terakomodir dengan dengan dan satu lagi fasilitas yang kita gunakan dengan jumlah segitu kurang memadai,” Terang Syarif ketika ditemui di SD IT Bina Insani, Sabtu (30/3/2023).

Read More

Di jelaskan, Sayarif Husin Harahap, tujuan kegiatan tersebut merupakan instrumen dalam mendidik Anak – anak ditingkat SD dalam membina perilaku dan karakter serta membangun moral generasi di masa depan.

Kegiatan itu pun, kata Sayarif, juga mendapat dukungan dari Bupati Tapanuli Selatan, H. Doli Parlindungan Pasaribu, yang mana dukungan yang diberikannya merupakan menyerahkan Kitab Suci Al Qur’an dan Juz A’mma kepada peserta sanlat.

“Kegiatan kita ini juga didukung Pak Bupati (H. Doly Parlindungan Pasaribu) pemberian berupa Al Qur’an dan Juz Amma yang nantinya Al Qur’an yang diterima anak – anak kita ini dapat di amalkan dan membaca isi Al Qur’an itu sendiri yang merupakan petunjuk atau pedoman dalam kehidupan bagi kita,” sebut Syarif.

Adapun materi daripada kegiatan sanlat yang dikuti peserta diantaranya tilawah mandiri, kultum Sore menjelang berbuka, tadarus, kebersihan lingkungan tempat sanlat, shalat berjamaah dan hafalan ayat – ayat pendek. (MN)

Related posts