Cek Kebenaran LKPJ, Anggota DPRD Tinjau Sejumlah Proyek di Madina

Cek kebenaran LKPJ, anggota DPRD Madina Tinjau proyek pembangunan Pasar eks bioskop Tapanuli, Selasa (7/5/2024) fhoto : Wartamandailing.
Cek kebenaran LKPJ, anggota DPRD Madina Tinjau proyek pembangunan Pasar eks bioskop Tapanuli, Selasa (7/5/2024) fhoto : Wartamandailing.

WARTAMANDAILING.COM, Mandailing Natal – Pansus LKPJ DPRD Mandailing Natal melakukan peninjauan ke beberapa proyek Pemkab Madina, mulai dari Bronjong dan pipa pengairan di Aek Pohon, RSUD Panyabungan, Pasar Eks bioskop Panyabungan, Puskesmas Gunungtua, Pasar Baru Panyabungan, Pasar Sinonoan dan SD 179 Tambangan, Kampung KB serta air bersih di Desa Rao-Rao Lombang.

Pada Senin (6/5/2024) Bupati Madina H.M Ja’far Sukhairi Nasution telah memaparkan laporan keterangan pertanggungjawaban LKPJ tahun anggaran 2023 kepada DPRD. Dalam sidang Paripurna masa persidangan 1 tahun 2024.

DPRD Madina kemudian membentuk panitia khusus (Pansus) untuk mengecek kebenaran LKPJ Pemkab dengan hasil realisasi di lapangan. Lalu memberikan catatan sesuai dengan hasil temuan di lapangan.

Pada Selasa (7/5/2024) 15 anggota pansus LKPJ yang terdiri dari lintas komisi melakukan tinjauan lapangan. Mereka mendatangi beberapa proyek pemerintah yang saat ini tengah berjalan dan mangkrak.

Pertama perbaikan sipon yang berada di bawah jembatan aek pohon pidoli. Lalu berlanjut ke RSUD Panyabungan, bergeser ke Pasar eks bioskop Panyabungan, Puskesmas Gunungtua, lalu tim pansus berpencar ada yang meninjau ke Pasar Sinonoan, Kampung KB Malintang, dan sebagian tim ada yang ke SD Tambangan dan peninjauan pembangunan air bersih di Desa Rao-rao Lombang.

Perbaikan Sipon Aek Pohon

Perbaikan sipon Aek Pohon dengan pagu anggaran sekitar 345 juta disebutkan dana rutin, para anggota dewan cukup terkejut, sebab bangkai proyek tidak ada lagi ditemukan di sana. sementara kata pihak dinas PUPR Madina sebagian bangunan itu baik bronjong dan pipa dibongkar pihak BWS dan sebagian hanyut diterjang banjir.

Read More

Disebutkan dana rutin oleh Pemkab Madina, Perbaikan sipon Aek Pohon dengan pagu anggaran sekitar 345 juta rupiah. Dok : Wartamandailing.

Proyek Pasar Eks Bioskop Tapanuli

Lalu Proyek Pasar Eks Bioskop Tapanuli ini yang lebih mencengangkan, sebab proyek meleset, karena sampai saat ini proyek kios pasar eks bioskop Tapanuli diperkirakan pengerjaannya baru sekitar 64 persen yang terealisasi.

“Ini terealisasi baru sekitar 64 persen, sehingga kata ‘selesai’ yang selama ini dipersepsikan akan segera beroperasi, tampak tidak sesuai, ini jadi catatan, sekaligus kekhawatiran kami, “ujar Andi ketua Pansus DPRD Madina yang ditemui dilokasi, Selasa (7/5/2024)

Anggota pansus LKPJ DPRD Madina Meninjau pembangunan pasar eks bioskop Tapanuli. Dok : Wartamandailing.

Pansus LKPJ menyoroti hasil pelaksanaan proyek pembangunan pasar eks bioskop Tapanuli, lantai belum dipasang, plafon, listrik dan pipanisasi juga belum ada, selain itu, amdal nya juga diragukan tidak ada.

Pasar Baru Panyabungan

Pansus LKPJ DPRD Madina meninjau pasar Panyabungan untuk memantau kinerja pemungutan PAD. DPRD mendorong para pengelola untuk segera memenuhi persyaratan dan merampungkan administrasi pembagian kios untuk para pedagang pasar baru.

Catatan Pansus LKPJ

Anggota Pansus LKPJ sekaligus ketua fraksi Gerindra Madina Suhandi menyebut pada prinsipnya dalam hal ini anggota
pansus masih dalam tahapan rapat pembahasan, “terkait temuan nanti kita akan buat bahan pertimbangan dalam pemberian rekomendasi kepada pemerintah daerah, “ujar Suhandi Jumat (10/5/2024). (Has)