Warga di 10 Desa Barumun Barat Dengan Dana Swadaya Perbaiki jalan Rusak

Camat Barumun Barat Patimah Hannum Simbolon (Tengah) Kades Gading Ali Akbar Hasibuan (kanan) dan warga setempat. fhoto : (Wahyu P Siregar / Wartamandailing.
Camat Barumun Barat Patimah Hannum Simbolon (Tengah) Kades Gading Ali Akbar Hasibuan (kanan) dan warga setempat. fhoto : (Wahyu P Siregar / Wartamandailing.

WARTAMANDAILING.COM, Padang Lawas – Warga masyarakat dari 10 Desa di Kecamatan Barumun Barat terjunkan satu alat unit berat untuk memperbaiki jalan rusak. Sewa alat dari dana swadaya masyarakat demi untuk kelancaran transportasi pengangkutan hasil pertanian dan bisa mudah dilalui kendaraan.

Jalan tersebut adalah jalan keliling empat kecamatan mulai dari Kecamatan Aek Nabara melintas ke Kecamatan Sihapas Barumun menuju Barumun Barat sampai ke Barumun Tengah, sehingga sangat perlu untuk diperhatikan oleh pemerintah Kabupaten Padang Lawas.

Diketahui Camat Barumun Barat Patimah Hannum Simbolon. S.Sos, dengan 10 kepala Desa di Kecamatan Barumun Barat berinisiatif untuk segera memperbaiki jalan lintas tersebut dengan menurunkan alat berat.

Sebelumnya, warga sudah sangat prihatin dengan keadaan jalan lintas yang ada di daerah ini, soalnya beberapa tahun belakangan ini situasi jalan tersebut sangat sulit untuk dilalui kendaraan akibat banyaknya lobang bercampur lumpur dan licin disaat musim hujan.

Kepala desa Gading, Ali Akbar Hasibuan membenarkan jalan tersebut memang sudah lama rusak, dan sulitnya melintasi jalan ini juga sudah lama dirasakan masyarakat kecamatan Barumun Barat, Kabupaten Padang Lawas.

“Ya, dengan kondisi demikian, hari ini kita melakukan gotong royong dengan dana swadaya untuk memperbaiki jalan lintas antar kecamatan yang sudah lama rusak parah ini, “kata Ali Akbar Hasibuan kepada Wartamandailing. Rabu (26/6/2024)

Menurut kades Gading, Perbaikan jalan itu dananya dari dana bantuan kepala Desa dan sumbangan swadaya masyarakat di daerah kecamatan Barumun Barat.

Read More

Ia sangat berterimakasih kepada semua kepala desa dan masyarakat yang turut berpartisipasi memberikan bantuan untuk perbaikan jalan tersebut.

“Saya berterimakasih kepada rekan rekan kepala desa dan masyarakat di daerah Barumun Barat, dengan dana swadaya ini nantinya jalan yang selama ini susah untuk dilalui, kini sudah dapat lebih mudah di lewati kendaraan, “ujar Ali Akbar.

Lanjut, Kades menceritakan, jalan ini sudah banyak memakan korban, akibat licin dan batu batu yang menganga di tengah jalan. Nah, dari kondisi demikian muncullah kepedulian sesama dengan bersemboyan bersatu kita teguh bercerai berai kita runtuh, untuk itu kita sepakat membangun kerja sama untuk memperbaiki jalan rusak tersebut.

“Kita melakukan perbaikan ini untuk mengantisipasi musim penghujan nanti, karena sudah banyak korban dan rugi materi akibat dari kondisi jalan ini, “ungkap Ali Akbar.

Satu unit alat berat sedang memperbaiki jalan rusak di Kecamatan Barumun Barat.

Saya berharap, kata Ali Akbar, dengan adanya gotong royong ini, pemerintah membuka mata untuk dapat memperbaiki jalan ini dalam waktu dekat, agar perekonomian masyarakat dapat lancar dan harga jual petani dapat meningkat, “pungkasnya. (Wahyu P Siregar).

Related posts