Fatimah, Remaja Miskin Penderita Tumor Akan Dirujuk Ke Rumah Sakit Kota Medan

Camat Kotanopan Agus Salim menyerahkan bantuan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Mandailing Natal M. Sahnan Pasaribu kepada Fatimah, fhoto : Istimewa.
Camat Kotanopan Agus Salim menyerahkan bantuan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Mandailing Natal M. Sahnan Pasaribu kepada Fatimah, fhoto : Istimewa.

WARTAMANDAILING.COM, Mandailing Natal – Kepala Desa Gunungtua MS, Kecamatan Kotanopan, Kabupaten Mandailing Natal Muhammad Asparuddin Lubis menyampaikan bahwa besok Senin (22/07/2024) akan mengurus surat rujukan Fatimah, remaja miskin penderita tumor di wajah, agar dianya bisa berobat ke kota Medan.

“ Senin besok rencana kita akan mengurus surat rujukan ke Medan agar Fatimah bisa berobat. Mudah mudahan pengurusan nanti berjalan lancar,” ucap Asparuddin Lubis ketika ditemui pada Jum’at (19/07/2024).

Ia mengatakan kalau Fatimah penderita tumor di wajah adalah merupakan warganya dan tergolong keluarga tidak mampu. “ Orangtuanya hanya pekerja serabutan dan menghidupi empat anggota keluarga ,” ujarnya.

Terkait dengan bantuan untuk keluarga Fatimah menurutnya, pemerintah desa Gunungtua MS tidak tinggal diam. Seperti, saat keberangkatan Fatimah bersama keluarga ke RSU Jamil Padang sebulan yang lalu, perangkat desa sudah menggalang dana dan sudah diserahkan secara langsung kepada keluarganya.

Dijelaskannya, dari hasil analisis dokter, Fatimah mengidap tumor. Perkiraan masa penyembuhan cukup lama dan membutuhkan biaya pendamping yang lumayan. Makanya pihaknya sangat berharap kepada pemerintah dan dermawan yang kelebihan rezeki bisa membantunya.

“Rencana pada Senin (22/07/2024) besok kami akan mengurus surat rujukan Fatimah ke Medan agar dianya bisa berobat. Semoga pengurusan nanti berjalan lancar, sehingga dia bisa kita berangkatkan dengan secepatnya ,” terangnya.

Sementara Camat Kotanopan Agus Salim, pada hari yang sama atau Jum’at (19/07/2024) berkenan menyerahkan bantuan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Mandailing Natal M. Sahnan Pasaribu kepada Fatimah.

Read More

Dalam penyerahan bantuan itu Agus Salim di dampingi anggota Koramil 014 Kotanopan, Kepala Desa Gunungtua Muara Soro, sejumlah pegawai kantor Camat dan perangkat desa. Bantuan itu langsung diterima ayah Fatimah, yaitu Zulfikar.

Dalam kesempatan itu, Camat menyampaikan, titip salam dari Kadis Pendidikan Mandailing Natal. “ Seharusnya beliau yang menyerahkan bantuan ini secara langsung, namun saat ini beliau berada di luar kota, makanya di perwakilkan kepada saya. Mudah mudahan bantuan ini bermanfaat dan bisa dipergunakan untuk membantu biaya pengobatan Fatimah ,” katanya.

Terkait kondisi Fatimah, Camat berharap agar segera di rujuk. ” Saya sudah sampaikan kepada Kepala Desa agar segera mengurus administrasi dan surat rujukan. Sedangkan masalah biaya pendamping, kita akan koordinasi dengan berbagai pihak dan kawan-kawan Forkopincam serta para dermawan lainnya,” tuturnya.

Sedangkan Zulfikar orang tua Fatimah mengucapkan terimakasih atas bantuan tersebut. Saat ini yang terlintas dipikirannya bagaimana agar putri satu satunya itu bisa berobat.

forkopimcam kotanopan jenguk fatimah penderita tumor di wajah di kediamannya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Fatimah Sahira (14), warga desa Gunungtua Muara Soro, Kecamatan Kotanopan, Kabupaten Mandailing Natal menderita penyakit tumor di bagian wajahnya.

Penyakit diderita Fatimah berupa benjolan sudah semakin membesar, hampir menutupi matanya. Saat ini dianya ingin berobat agar bisa sembuh.

Dia merupakan anak pertama dari Pasangan Zulfikar dan Agustina. Ia mengidap penyakit itu sudah hampir setahun.

Fatimah memang mempunyai BPJS, namun yang menjadi masalah tidak adanya biaya pendamping dan transportasi selama ia berobat. Keluarganya tergolong tidak mampu di desanya. Rumahnya cukup kecil, di huni 5 orang beserta saudara dan kedua orangtuanya.

Disebabkan benjolan di mukanya semakin membesar, Fatimah untuk sementara terpaksa tidak hadir ke sekolahnya di SMP Negeri Nomor 2 Kotanopan. Padahal keinginannya untuk sekolah dan bergaul dengan teman temannya sangat besar. (Munir Lubis).