Ilustrasi penanganan virus corona (foto: istimewa)

WARTAMANDAILING.COM, Medan – Lima tenaga kerja asing (TKA) asal China diobservasi di Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Sumut). Kelima orang itu disebut tiba di Karo awal pekan ini dan langsung melaporkan diri untuk proses observasi suhu tubuh.

“Observasi dua minggu untuk melihat apakah mereka ada gejala-gejala seperti pneumonia. Mereka sudah paham. Jadi waktu mereka datang langsung lapor sama kami dan langsung di kamarnya sendiri. Jadi masing-masing punya kamar sendiri berdekatan di area itu saja, kita minta orang jangan banyak kontak,” ucap Kadis Kesehatan Karo, Irna Safrina S Meliala, Jumat (7/2/2020).

Dia menyebut para TKA asal China itu tiba pada Senin (3/2/2020). Menurutnya, kelima orang itu memang sudah bekerja di PLTA yang ada di Karo sebelumnya. Namun, mereka pulang ke China untuk merayakan Imlek dan kembali setelah itu.

“Tanggal 3 mereka tiba, tanggal 4 lapor ke kami. PLTA, mereka kerja di sini, Imlek pulang mereka dan kembali lagi,” jelasnya.

Kelima TKA itu kini diobservasi di tempat tinggal yang ada di area proyek PLTA. Sejauh ini, menurut Irna, kondisi suhu tubuh kelima TKA asal China tersebut normal.

“Masih normal, suhu tubuh 36,2 sampai 36,5. Empat belas hari (diobservasi),” tuturnya.

Menurutnya, kelima TKA itu bukan berasal dari Wuhan, yang menjadi lokasi awal virus corona. Dia menyebut kelima orang itu berasal dari Sichuan.

Sumber berita: detik.com