WARTAMANDAILING.COM, Medan – Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Polda Sumut) bersama Komando Daerah Militer I Bukit Barisan (Kodam I BB) membentuk sistem pengamanan kota (Sispamkota) dalam mengantisipasi aksi vandalisme di tengah mewabahnya virus corona (Covid-19).

“Seluruh jajaran Polda Sumut dan Kodam I BB juga dilibatkan dalam melakukan pengamanan di kabupaten maupun kota di Sumut. Semua jajaran wajib memantau wilayah hukum masing – masing ,” ujar Kapolda Sumut, Irjen Pol Martuani Sormin kepada awak media, Selasa (14/4/2020).

Mantan Kapolda Papua ini menegaskan, Polda Sumut bersama Kodam I BB tidak akan memberikan ruang kepada pihak tertentu jika berani mencoba kerusuhan dengan memanfaatkan isu Covid-19 tersebut. Oleh karena itu, sispamkota sudah dilaksanakan di daerah tersebut.

“Tidak ada tempat buat pelaku kejahatan, termasuk yang mencoba melakukan kerusuhan dengan melakukan penjarahan. Kami akan mengambil langkah hukum dan tindakan tegas untuk mereka yang berani mencoba membuat keonaran. Kami jamin keamanan,” tegasnya.

Kapolda Sumut, Irjen Pol Martuani Sormin (foto:istimewa)

Menurutnya, sistem keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) masih tetap aman dan kondusif. Meski demikian, Kapolda mengharapkan peran serta masyarakat untuk membantu Polri dan TNI dalam menciptakan rasa aman di tengah masyarakat tersebut.

“Kami mengimbau masyarakat supaya tidak mudah diprovokasi oleh orang maupun kelompok yang menginginkan terjadinya kerusuhan. Bila masyarakat melihat kelompok ini merencanakan aksi vandalisme maka diharapkan segera melaporkan ke pihak kepolisian terdekat, supaya ditindaklanjuti,” kata Kapoldasu.

Dalam kesempatan itu, Mantan Asisten Operasi (Asops) Kapolri itu kembali mengingatkan masyarakat supaya mengikuti anjuran pemerintah bersama pihak kepolisian dalam memutus mata rantai penyebaran virus corona. Penyebaran virus ini tidak boleh dianggap sepele di masyarakat.

“Masyarakat sebaiknya berada di dalam rumah, rajin mencuci tangan, mengambil jarak aman dan menggunakan masker jika terpaksa keluar rumah. Dengan mengikuti anjuran ini maka masyarakat dapat melindungi diri, keluarga tercinta maupun orang di sekelilingnya,” sebutnya. 

Sumber: beritasatu.com