Menjelang Ramadhan, Tradisi Warga Ziarah Kubur ke Makam Keluarga

TPU Kelurahan Losung yang berlokasi di LK.V kampung Toba Kecamatan Padangsidimpuan Selatan Kota Padangsidimpuan (Foto: Warta Mandailing)

Usai melaksanakan ziarah tersebut, dengan berlinang air mata, Kartini didampingi menantunya bergegas meninggalkan TPU dimana almarhum suaminya dimakamkan.

Diketahui, salah satu tujuan ziarah ke makam keluarga yakni akan menghalangi seseorang dari maksiat, melembutkan hatinya yang kelam, mengusir kesenangan terhadap dunia, membuat musibah yang kita alami terasa ringan, seperti sabda Rasulullah SAW :


كُنْتُ نَهَيْتُكُمْ عَنْ زِيَارَةِ القُبُورِ أَلاَ فَزُوْرُوْهَا فَإِنَّهَا تَرِقُ القَلْبَ وَتَدْمَعُ العَيْنَ وَتُذْكِرُ الآخِرَةَ وَلاَ تَقُولُوا هَجْرًا

“Dahulu aku pernah melarang kalian untuk berziarah-kubur. Namun sekarang ketahuilah, hendaknya kalian berziarah kubur. Karena ia dapat melembutkan hati, membuat air mata berlinang, dan mengingatkan kalian akan akhirat namun jangan kalian mengatakan perkataan yang tidak layak (qaulul hujr).” (HR. Al-Hakim). (Iwan SD)

Related posts