Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Padangsidimpuan, Islahuddin Nasution, S.Sos (foto: Istimewa)

WARTAMANDAILING.COM, Padangsidimpuan – Suatu perjumpaan yang tidak direncanakan sebelumnya, Tim Warta Mandailing bertemu dengan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Padangsidimpuan, Islahuddin Nasution, S.Sos di salah satu warung makan di daerah Kampung Losung, Kota Padangsidimpuan.

Dalam pertemuan yang tidak diduga itu, Tim Warta Mandailing menyempatkan bincang ringan sekaligus diskusi dengan Kadis Kominfo, Islahuddin Nasution. Sebagai pejabat publik Ia tampak respon kepada Insan Pers, hal itu dibuktikan dengan sikap dan responnya saat ditemui Warta Mandailing, Kamis (28/5/2020).

Islahuddin sangat tanggap dengan keberadaan Media pada umumnya di Indonesia dan khususnya di Kota Padangsidimpuan. Dalam bincang-bincang itu, Ia mengatakan sangat mendukung kinerja awak media yang sifatnya positif dan membangun dalam mempublikasikan sesuatu hal yang ada di Kota Padangsidimpuan.

“Keberadaan Perusahan Pers, baik media online, media cetak dan media elekronik di Kota ini sangat berpengaruh dalam pembangunan suatu daerah. Pemerintah membutuhkan profesional wartawan dalam menyajikan suatu berita yang membangun, misalnya dengan adanya informasi yang positif dari suatu daerah itu bisa mendatangkan investor-investor untuk berinvestasi di Kota ini,” ungkap Islahuddin.

Dikatakannya, Ia sangat bangga dapat membangun hubungan emosional dengan Insan Pers, sebab tanpa adanya awak media di Kota ini sebagai corong penyampaian informasi, diakuinya minim pemberitaan tentang suatu hal ataupun peristiwa yang harusnya dikonsumsi masyarakat.

“Misalnya, jika suatu prestasi yang diraih sekolah ataupun siswanya dipublikasikan oleh para awak media, tentunya suatu kebanggaan bagi yang meraihnya dapat diketahui banyak orang, bahkan pemerintahnya pun terangkat. Begitu juga halnya, adanya suatu pemberitaan yang mengkritisi terhadap instansi atau ke salah satu pejabat publik, tentunya juga dapat jadi bahan evaluasi bagi kita,” tambah Islahuddin.

Menurutnya juga, ketajaman dan kwalitas berita yang diulas wartawan lalu diterbitkan oleh media itu sesuatu hal yang dapat dijadikan sebagai bahan koreksi bagi instansi ataupun sifatnya person.

“Marilah kita sama-sama membangun daerah kita ini, kita jalin komunikasi yang baik. Sebab, wadah informasi tentang pemerintahan ini tidak luput kerjasama antara Diskominfo dengan awak media, menurut saya insan pers ini juga bagian dari kominfo,” tuturnya lagi.

Tak terasa dua jam lebih waktu diskusi berlangsung, Tim Warta Mandailing yang saat itu hadir, yakni Pemimpin Umum didampingi Pemimpin Redaksi, Redaktur Pelaksana dan salah satu Dewan Redaksi Warta Mandailing tampak alot dalam bincang ringan tersebut.

Diungkapkan Pemimpin Redaksi Warta Mandailing, Yusri Pohan, sangat berterima kasih kepada Kadis Kominfo, Islahuddin Nasution atas sumbangsih saran dan tanggapan terhadap Insan Pers khususnya Warta Mandailing. Ia juga menyampaikan dengan adanya diskusi singkat tersebut, berharap pemerintah dengan awak media ke depannya bisa bersinergi demi kemajuan Kota Padangsidimpuan.

“Mudah mudahan Pemerintah tidak alergi dengan wartawan dan tidak menganggap wartawan adalah musuh pemerintah yang harus dijauhi,” ucapnya.

Begitu juga disampaikan Paruhum Nasution selaku Pemimpin Umum Warta Mandailing, menuturkan, hadirnya Media Online Warta Mandailing di Kota Padangsidimpuan berharap pemerintah tidak merasa sungkan apalagi untuk berdiskusi mengenai pembangunan Kota Padangsidimpuan.

“Warta Mandailing adalah media online yang lahir di Kota Padangsidimpuan dan berkontribusi di Tabagsel khususnya Kota Padangsidimpuan, jadi kita sangat terbuka dan berharap pemerintah tidak usah canggung dan sungkan dengan kehadirannya. Sebab, Warta Mandailing sangat mendukung pembangunan khususnya di Kota Padangsidimpuan,” pungkasnya. (Irpan)