Ambruk Beberapa Waktu Lalu, Kini Jembatan Bailey Batu Godang Sudah Bisa Dilalui

(Foto: Dokumentasi Istimewa)

WARTAMANDAILING.COM, Tapanuli Selatan – Kini jembatan Bailey (penghubung) dari Desa Perkebunan ke Batu Godang sudah selesai dikerjakan dan sudah bisa dilalui masyarakat Angkola Sangkunur, Kabupaten Tapanuli Selatan.

Sebelumnya jembatan tersebut ambruk usai dilalui truk yang melebihi tonase beberapa waktu lalu. Bahkan Bupati H. Syahrul M Pasaribu, SH langsung meninjau ambruknya jembatan tersebut.

“Bupati sudah meninjau saat ambruknya jembatan ini. Kini, telah dipasang jembatan sementara, sehingga pengangkutan hasil bumi tak ada kendala lagi,” ungkap Romadan Tambunan salah satu warga Batu Godang, Sabtu (13/6/2020).

Begitu juga di katakan, Agus Salim Pasaribu, selaku masyarakat sangat berterima kasih terhadap sikap pemerintah atas perhatiannya terhadap masyarakat.

“Sekitar 3.000 warga Batu Godang, kini tidak lagi terisolir. Pasalnya, jembatan yang ambruk tersebut sudah bisa dilalui yang menghubungkan Desa Perkebunan dengan Desa Batu Godang,” ucapnya.

Selain itu, masyarakat juga mengaku bangga sekaligus terharu dengan perhatian, kepedulian dan keseriusan Bupati Tapsel H Syahrul M Pasaribu, SH terhadap kondisi jembatan itu.

Sebab, pasca ambruknya jembatan yang dibangun sekitar 30 tahun itu memang sempat membuat rasa cemas bagi warga. Lantaran sekitar 3.000 jiwa warga di Desa yang memiliki 7 dusun ini sangat menghandalkan jembatan penghubung, untuk pengangkutan hasil bumi guna menopang perekonomian keluarga.

Read More

“Apalagi hari ini bertepatan hari pekan disini. Jika tidak ada jembatan, tak dapat dibayangkan bagaimana mengangkut hasil bumi,” ungkap Agus.

“Sejak memimpin Tapsel, Bupati memang sangat peduli pada warganya,” ujar mereka seraya berharap, jembatan bailey yang dipasang untuk keperluan sementara, tentunya tetap dilanjutkan dengan pembangunan jembatan permanen secepatnya.

Begitu juga di ungkapkan Fandi, yang berpropesi sebagai supir truk sangat berterima kasih kepada pemerintah karena sudah memberikan perhatiannya terhadap masyarakat yang tidak diduga – duga.

“Saya tahu memang, kabarnya Bupati turun langsung meninjau lokasi tersebut beberapa hari lalu. Dan sekarang sudah bisa dilalui,” ujarnya.

Disamping itu, Kepala Desa Batu Godang Mahmuddin Sihombing mengatakan, atas nama masyarakat menyampaikan terima kasih kepada Bupati Tapsel, atas dipasangnya jembatan bailey dilokasi jembatan ambruk yang menghubungkan desanya dengan Desa Perkebunan dan Jalan Nasional Pantai Barat.

“Ini menunjukkan Bupati sangat sayang dengan warganya. Kami pantas mengungkapkan banyak terima kasih,” ucapnya didampingi Johani Dalimunthe selaku Tokoh Masyarakat.

Mahmudin juga berharap, jembatan bailey yang dipasang saat ini, sifatnya hanya sementara, untuk mengantisipasi ribuan warga Batu Godang tidak terisolir. Karena itu, sangat berharap, agar pembangunan jembatan permanen menjadi prioritas selanjutnya.

“Kita sangat berharap pembangunan jembatan permanen akan segera dilakukan, mengingat jembatan ini sangat vital bagi seluruh warga untuk mengangkut hasil pertanian keluar,” katanya.(r/yus)

Related posts