Walikota Padangsidimpuan Buka Tabligh Penyambutan Tahun Baru 1142 Hijriyah

(Foto: Dokumentasi Humas Pemko Padangsidimpuan)

WARTAMANDAILING.COM, Padangsidimpuan – Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution SH membuka acara Tabligh Penyambutan Tahun Baru Islam 1442 H Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Padangsidimpuan, bertempat di Aula Kantor MUI Kota Padangsidimpuan, Senin (31/8/2020).

Dalam sambutannya Walikota menyebutkan sesungguhnya Virus Covid-19 di Indonesia khususnya di Kota Padangsidimpuan belum juga menunjukkan tanda-tanda penurunan.

“Untuk itu kita sebagai bagian dari masyarakat harus mengambil peran dalam upaya-upaya pencegahan penyebaran Covid-19,” ujarnya.

Ia juga menaruh harapan melakukan sinergitas sesuai peran bersama untuk mengikuti Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) dengan menyampaikan kepada masyarakat untuk memakai Masker, cuci tangan dan physical distancing (Jaga Jarak).

Dikatakan Irsan lagi, kegiatan-kegiatan boleh saja berlangsung, namun Protokol Kesehatan (Prokes) harus dilaksanakan dalam ikhtiar kita untuk pencegahan Covid-19 ditengah-tengah masyarakat dengan menyediakan wadah cuci tangan dan mewajibkan penggunakan masker dan membatasi jumlah undangan.

“Melalui peringatan Tahun Baru Islam ini, atas nama Pemko Padangsidimpuan mengapresiasi kegiatan Tabligh penyambutan Tahun Baru Islam 1442 H yang dilaksanakan MUI dengan menerapkan Protokol Kesehatan. Semoga kegiatan ke-agamaan ini diberkahi Allah SWT dan kita dihindarkan dari segala bencana termasuk Covid-19 ini,” pungkasnya.

Sementara Ketua MUI Kota Padangsidimpuan, H Zulfan Efendi Hasibuan dalam sambutannya menyebutkan bahwa Tabligh Penyambutan Tahun Baru Islam 1442 H ini merupakan agenda keagamaan yang dilaksanakan setiap tahun.

Read More

“Namun, karena kondisi pandemi seperti ini maka dilaksanakan dengan terbatas, yang biasanya dilaksanakan di Masjid Agung Al-Abror dengan mengundang ribuan orang jama’ah,” ungkapnya.

Ditambahkan, pergantian Tahun Baru Hijiriah ini momen untuk Muhasabah diri, mempunyai tekad memperbaiki akhlak kita tahun ini daripada tahun-tahun sebelumnya.

“Sejarah Tahun Baru Hijiriah ini dimulai dari Hijrahnya Rasulullah SAW dari Kota Mekkah menuju Madinah Al-Munawaroh,” jelasnya.

Turut hadir pada pembukaan Tabligh tersebut Kapolres Padangsidimpuan AKBP Juliani Prihartini, Kakan Kemenag, Ketua IPHI, Tokoh Agama dan pimpinan Ormas-ormas Islam.(r/irpan)

Related posts