Manfaatkan Lahan Kosong Perkantoran, Bupati Tapsel: Mari Kita Wujudkan Ketahanan Pangan

(Foto: Dokumentasi Humas Pemkab Tapsel)

WARTAMANDAILING.COM, Tapanuli Selatan – Bupati Tapanuli Selatan, H.Syahrul M Pasaribu SH meninjau lokasi lahan kosong di lokasi perkantoran Pemerintahan Kabupaten Tapanuli Selatan guna mengoptimalisasikan lahan untuk digunakan sebagai lahan produksi ketahanan pangan.

Dengan melihat potensi yang besar dalam mewujudkan produksi ketahanan pangan, Bupati Tapsel siap mendukung kegiatan pengoptimalan lahan tersebut. Seperti yang telah dimanfaatkan dan sudah dimulai oleh Dinas Kesbangpol Tapsel yang sudah menanami tanaman sayuran, palawija dan lainnya disekitaran kantor dinas tersebut.

“Dengan dimanfaatkannya lahan kosong ini, maka dapat memberikan nilai tambah penghasilan terhadap pegawai Kesbangpol untuk membantu perekonomian keluarga dan juga dapat mendukung program ketahanan pangan dalam mengoptimalisasi lahan yang kosong agar bermanfaat dan juga bisa menjadi contoh kepada masyarakat atau dinas lainnya,” ungkap Syahrul, Selasa (1/9/2020).

Pemanfaatan lahan kosong ini disebutkan Syarul, dapat meningkatkan ekonomi masyarakat dan dapat memenuhi kebutuhan bahan pangan masyarakat karena ketahanan pangan menjadi perhatian penting dalam tatanan kebiasaan baru (new normal) di masa pandemi virus corona (Covid-19).

“Saya berharap kepada seluruh dinas yang masih mempunyai lahan kosong agar dapat dimanfaatkan untuk ditanami tanaman pangan seperti yang dilakukan oleh pegawai Kesbangpol,” ujarnya.

Atas apa yang sudah dilakukan oleh Dinas Kesbangpol, Bupati Tapsel H Syahrul M Pasaribu, SH sangat mengapresiasi yang dilakukan pegawai Kesbangpol dalam memanfaatkan lahan yang kosong ini menjadi kebutuhan pangan terutama tanaman sayuran, palawija dan tanaman lainnya.

Disamping itu, Kaban Kesbangpol Tapsel, Hamdy S Pulungan menyebutkan, tujuan kegiatan ini adalah untuk mengoptimalisasi lahan perkantoran dengan memproduksi kebutuhan pangan terutama tanaman sayuran, palawija dan tanaman lainnya.

Read More

“Memang lahan yang kosong ini tidak luas tapi bisa bermanfaat untuk ketahanan pangan. Selain untuk memperkuat ketahanan pangan juga dapat memberi contoh kepada masyarakat, bahwa ketahanan pangan itu bisa dilakukan dilahan yang sempit seperti yang kita lakukan saat ini,” ungkap Hamdy.

Bahkan dikatakannya, lahan yang kosong ini dapat kita manfaatkan dengan semaksimal mungkin, apabila kita serius menanganinya karena sekecil apapun lahannya dan setidak subur apapun tanahnya apabila diolah dengan menggunakan pupuk kompos maka tanahnya akan menjadi subur sehingga bisa dimanfaatkan untuk berbagai produksi ketahanan pangan.(yus/r)

Related posts