Kontrol dan Siaga Penanganan Covid-19 di Desa Joring Natobang

Kontrol dan Siaga Penanganan Covid-19 di Desa Joring Natobang, Kecamatan Angkola Julu, Kota Padangsidimpuan (foto: Imran)

WARTAMANDAILING.COM, Padangsidimpuan – Kontrol dan siaga penanganan Covid-19 merupakan bentuk kegiatan upaya mengantisipasi penyebaran atau pertambahan klaster baru terhadap perkembangan virus corona.

Kepala Desa (Kades) Joring Natobang, Andi Aryanto Harahap saat ditemui di Posko Penanganan Covid-19 menyebut, ia bersama timnya rutin melaksanakan kegiatan tersebut guna memutus mata rantai penyebaran covid-19.

Informasi yang dihimpun wartawan, hingga Kamis (10/6/2021) Desa Joring Natobang, Kecamatan Angkola Julu, Kota Padangsidimpuan belum ada tanda-tanda suspek terkonfirmasi covid-19, semua angkanya masih di posisi angka 0 (nol).

“Meski demikian saya selaku kepala desa selalu wanti-wanti terhadap warga saya, kami di Joring Natobang ini tak bosan-bosannya menghimbau agar seluruh elemen masyarakat untuk selalu melaksanakan protokol kesehatan yang diterapkan pemerintah,” kata Andi yang biasa disapa si Raja Buah itu.

Dikatakan si Raja Buah, menjalankan konsep Protokol Normal Baru (New Normal) Desa yang dikeluarkan oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi terdapat delapan himbauan dalam penyelamatan warga agar terhindar dari serangan virus yang rentan mematikan tersebut.

Kepada wartawan ia memaparkan, diantara delapan himbauan tersebut antara lain :

  • Tidak keluar rumah
  • Menggunakan masker dan hindari menyentuh area wajah
  • Menjaga jarak fisik minimal 1 meter
  • Mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun, membung sampah pada tempatnya
  • Segera bersihkan barang bawaan, mandi dan berganti pakaian setelh berpergian
  • Melapor ke perangkat desa saat akan dan pulang berpergian
  • Melapor ke perangkat desa apabila ada tamu dari luar daerah dan
  • Berpartisipasi dalam penerapan protokol normal baru (New Normal) desa.

Menurut si Raja buah yang juga Ketua Apdesi Kota Padangsidimpuan itu, untuk kegiatan posko, pihaknya memberdayakan 10 orang petugas jaga selama 24 jam dalam 2 siip (siang dan malam).

Read More

Kemudian, katanya lagi, para petugas rutin melakukan patroli penggunaan masker terlebih menjaga jarak pada lokasi pasar yang ada di daerahnya.

“Kita berupaya melakukan yang terbaik, Alhamdulilah tahun 2020 kemarin desa Joring Natobang berhasil meraih juara tiga atas capaian Kinerja Desa tingkat Provinsi Sumatera Utara,” pungkas pria yang baru terpilih sebagai Ketua DPC DPC F SPTI – K.SPSI Kota Padangsidimpuan itu. (Imran/Nas)

Related posts