Pemerintah Kecamatan Tambangan Edukasi Prokes Dipasar Laru

Pemerintah Kecamatan Tambangan Edukasi Prokes Dipasar Laru (Foto: Syahren/Warta Mandailing)

WARTAMANDAILING.COM, Mandailing Natal – Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Tambangan, Kabupaten Mandailing Natal gelar sosialisasi dan edukasi tentang Protokol Kesehatan (Prokes) sekaligus pembagian masker secara gratis kepada pengunjung di Pasar Tradisional Laru, Rabu (11/8/2021).

Kegiatan itu diinisiasi Pemerintah Kecamatan bersamaan dengan terbitnya surat edaran Bupati Mandailing Natal (Madina) terkait pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level ll di wilayah Kabupaten Madina baru-baru ini.

Selain Camat Tambangan, kegiatan itu juga dihadiri Kapolsek Kotanopan, Kepala Puskesmas Tambangan, Sekcam, Koramil 14 Kotanopan, para Kepala Desa, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama, mewakili Organisasi Masyarakat PAC Pemuda Pancasila Tambangan dan sejumlah Mahasiswa Unimed serta Naposo Nauli Bulung (NNB) Kecamatan Tambangan.

Camat Tambangan, Enda Mora, S.Sos menuturkan Pasar laru adalah pusat interaksi masyarakat tingkat Kecamatan bahkan tingkat Kabupaten. Dengan demikian potensi penyebaran virus sangat terbuka di area pasar ini.

“Maka dari itu kita berinisiasi dan berkoordinasi dengan pemkab madina untuk melakukan operasi kasih sayang setiap hari pekan di pasar tradisional ini,” ujar Mora sapaan akrab Camat Tambangan.

“Hari ini kita sudah melaksanakan sosialisasi dan edukasi pendidikan prokes di sekitar pasar Laru, kegiatan ini juga kita isi dengan pembagian serta pemberian masker bagi pengunjung dan pedagang pasar,” sambungnya.

Dikatakan Mora, selain kegiatan rutin operasi kasih sayang setiap hari pekan dipasar tradisional, Pemerintah Kecamatan Tambangan juga akan mendirikan posko covid-19 sekaligus menempatkan petugas di setiap desa se- Kecamatan Tambangan.

Read More

“Petugas posko nantinya akan terus mengingatkan warga untuk terus mengikuti prokes,” pungkasnya.

Sementara itu, mewakili Tokoh Adat, Karsean Lubis mengapresiasi kepedulian Pemerintah Kecamatan Tambangan yang telah memberikan edukasi prokes terhadap masyarakat pengunjung pasar.

“Meski pelaksanaan ini tidak dihadiri oleh perwakilan Pemkab Madina, Alhamdulillah kegiatan ini dapat berjalan dengan baik, ini tentu berkat bantuan dan dorongan oleh tokoh masyarakat, tokoh adat dan tokoh agama serta para ormas di Kecamatan Tambangan ini,” ucap Karsean.

Pantauan wartawan, di lokasi pasar tradisional terpampang baliho himbauan dari Pemerintah Kecamatan Tambangan yang bertuliskan bahasa Mandailing, yakni :

Holong mangalap holong
Holong do maroban domu tu ita sudena
Muda ita marsihaholongan
Marema marsatu malawan corona

Muda giot kehe tu poken ulang be ioban daganak
Totopma mar masker satiop kalak
Tolap tu poken ulang lupa manjago jarak
Salose marpoken torusma mulak
Tolap tu bagas basuma tangan marulak ulak
. (Syahren)

Related posts