Menu
Warta Mandailing

Pemko Padang Sidempuan Menyerahkan Bantuan Peralatan kepada Rumah Produksi Pengolahan Salak

  • Bagikan

WARTAMANDAILING.COM, Padang Sidempuan – Walikota Padang Sidempuan didampingi Wakil Walikota, Ir. H. Arwin Siregar, MM dan Kepala Dinas KUKM dan Perindustruan Perdagangan Kota Padang Sidempuan, Ridoan Pasaribu beserta jajarannya menyerahkan bantuan peralatan kepada rumah produksi pengolahan salak Lubuk Raya, Kelurahan Lubuk Raya, Kecamatan Padang Sidempuan Hutaimbaru.

Bantuan berupa baskom, saringan, sendok kuah, juicer, mesin giling daging, panci, vacum prying, sealer vacum, open, Kompor dan tabung gas, loyang, dandang dan set pisau dapur diterima langsung ketua Kelompok Pemanfaatan dan Pemeliharaan (KPP) Rumah Produksi Lubuk Raya, Masnalila Hutasuhut, Selasa (8/3/2022).

Masnalila mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih serta rasa bangga atas berkenannya Walikota bersama Wakil Walikota Padang Sidempuan dan jajarannya turun langsung untuk menyerahkan bantuan tersebut.

“Kami atas nama rumah produksi pengolahan salak dan cafetaria Lubuk Raya mengucapkan terimakasih kepada pihak pemerintah, semoga dengan peralatan ini produksi olahan salak akan semakin meningkat dan bersemangat,” ucap Masnalila.

Pada kesempatan itu, Walikota Padang Sidempuan, Irsan Efendi Nasution, SH memaparkan, pemerintah Kota Padang Sidempuan akan berusaha hadir sebagai bentuk kepedulian dan juga pembinaan kepada masyarakat.

Ia berharap kehadiran rumah produksi pengolahan salak ini akan mampu mendorong perekonomian masyarakat, khususnya di kelurahan Lubuk Raya.

Dikatakan Walikota, sejak peletakan batu pertama pada pembangunan rumah produksi pengolahan salak hingga saat ini, diperhatikannya sudah mulai berproduksi. Harapannya, dengan kehadiran rumah produksi pengolahan salak ini dapat membantu para petani salak.

“Sebagai contoh, salak yang tidak memenuhi kualitas untuk dijual dipasaran, dengan adanya rumah produksi pengolahan salak ini bisa diolah menjadi dodol, kurma salak dan juga jus salak (syrup),” tandas Irsan.

Walikota Irsan juga meminta kepada Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah (KUKM) dan Perindustruan Perdagangan (Perindag) untuk terus membina para pelaku UKM sehingga produksi olahan salak ini bisa berkembang dan menjadi kebanggaan Kota Padang Sidempuan.

Kepala Dinas KUKM dan Perindag Kota Padang Sidempuan, Ir. Ridoan Pasaribu menjelaskan, sebelum penyerahaan bantuan dilakukan, pihaknya sudah terlebih dahulu melakukan pelatihan kepada 19 orang.

“mudah-mudahan karyawan sudah mampu mengoperasikan bantuan ini dan semoga dengan bantuan ini produksi olahan akan semakin meningkat,” pungkas Ridoan. (r)

  • Bagikan