Menu
Warta Mandailing

Wakil Walikota Padang Sidempuan Resmikan Gedung KKP di Desa Aek Tuhul

  • Bagikan
Wakil Walikota Padang Sidempuan, Ir. H. Arwin Siregar, MM meresmikan gedung KPP Rumah Produksi Olahan di Desa Aek Tuhul (Istimewa)

WARTAMANDAILING.COM, Padang Sidempuan – Wakil Walikota Padang Sidempuan, Ir. H. Arwin Siregar meresmikan Gedung Kelompok Pemanfaatan dan Pemeliharaan Rumah Produksi Olahan Ubi di Desa Aek Tuhul, Kecamatan Padang Sidempuan Batunadua, Rabu (9/3/2022).

Selain peresmian gedung KPP tersebut, Wakil Walikota (Wawako), Arwin juga menyerahkan bantuan peralatan untuk pengolahan ubi.

Wawako Arwin Siregar menyampaikan, potensi bahan baku sangat berpeluang tumbuh dan berkembang khususnya di daerah kita ini, namun perlu upaya yang serius dan menjadi sumber daya yang ada serta akan menjadi sumber pendapatan.

Dijelaskan, beranjak dari hal tersebut, pada tahun 2021 lalu, telah terbentuk kelompok UMKM dalam wadah KPP Rumah Produksi Olahan Ubi Desa Aek Tuhul.

Dalam rangka peningkatan SDM, Pemerintah Kota Padang Sidempuan melalui Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Perindustrian dan Perdagangan Kota Padang Sidempuan telah mengadakan pelatihan olahan dari bahan ubi kepada 15 orang anggota KPP Rumah Produksi Olahan Ubi yang telah mampu untuk berproduksi dengan beberapa jenis varian rasa dari olahan ubi.

“Alhamdulillah, semogq bantuan ini nantinya dapat meningkatkan produksi dan menciptakan inovasi dan varian olahan ubi, dan berharap bantuan peralatan ini dapat dijaga dan difungsikan sebaik mungkin,” harap Arwin.

Sementara, Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (KUKM) Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Kota Padang Sidempuan, Ridoan Pasaribu melaporkan, sebelumnya telah memberikan pelatihan kepada Rumah Produksi Olahan Ubi agar mampu membuat olahan dari bahan ubi termasuk kripik, dan bolu ubi.

“Narasumber atau pelatihnya dari Deli Serdang yang telah melakukan ekspor impor produk olahan ubi,” ungkap Ridoan.

Adapun bantuan yang diserahkan, antara lain, tabung gas 12 Kilogram 1 unit, mesin sortir 1 unit, meja tungku 1 unit, mesin put siler (mesin injak) 2 unit, mesin hand siler 40 cm 1 unit, mesin molen pengaduk bumbu 1 unit, mesin pemotong ubi 1 unit, mesin perajang singkong 3 unit.

“Kemudian, spinner 1 buah, pisau buah steenleass 12 lusin, ember 6 unit, kuali 1 unit, sendok goreng 3 unit dan peralatan bolu 3 unit,” urainya lagi.

Hadir dalam acara tersebut Wakil Wali Kota, Pimpinan OPD, Camat Padang Sidempuan Batunadua, Kepala Desa Aek Tuhul, Perwakilan KOTAKU, Badan Keswadayaan Masyarakat Aek Tuhul, Hatobangon, Harajaon, Alim Ulama, KPP Rumah Produksi Ubi Serta Masyarakat setempat. (r)

  • Bagikan