Menu
Warta Mandailing

Walikota Padang Sidempuan Hadiri Sosialisasi RAN PASTI yang Digelar BKKBN di Medan

  • Bagikan
Walikota Padang Sidempuan, Irsan Efendi Nasution, SH menghadiri Sosialisasi RAN PASTI yang Digelar BKKBN di Medan (Istimewa)

WARTAMANDAILING.COM, Medan – Walikota Padang Sidempuan, Irsan Efendi Nasution, SH didampingi sejumlah pimpinan OPD Kota Padang Sidempuan menghadiri sosialisasi Rencana Aksi Nasional Percepatan Penurunan Angka Stunting Indonesia (RAN PASTI) di Hotel Santika Dyandra, Medan (9/3/2022).

Pembukaan sosialisasi RAN PASTI yang dimotori BKKBN itu ditandai dengan pemukulan gong yang dibuka langsung oleh Wakil Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Musa Rajekshah.

Sosialisasi yang diikuti seluruh Kepala Daerah se-Sumatera Utara itu bertujuan sebagai upaya memastikan komitmen bersama dalam percepatan penurunan angka kekerdilan di provinsi Sumut.

Dikarenakan Sumut merupakan provinsi dengan jumlah penduduk keempat terbesar di Indonesia adalah salah satu pertimbangan bagi BKKBN untuk melakukan sosialisasi RAN PASTI tersebut.

Walikota Irsan mengatakan, akan mendukung program pemerintah pusat maupun provinsi dalam upaya menurunkan angka stunting.

Menurut Irsan, penurunan angka stunting adalah bagian program Pemerintah Kota Padang Sidempuan, yaitu dengan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

Walikota selaku pengarah Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) yang terdiri dari Dinas KBP3A, Kepala Dinas Kesehatan, Bappeda dan TP PKK meminta keempat lembaga tersebut untuk saling bersinergi memberikan pemahaman tentang Gerakan Masyarakat Sehat (Germas).

Dijelaskan, untuk menurunkan angka stunting perlu beberapa hal yang harus dipersiapkan, antara lain, pemenuhan asupan makanan bergizi, perbaikan pola asuh, peningkatan akses dan mutu pelayanan kesehatan guna meningkatkan kualitas SDM di Kota Padang Sidempuan.

“Jadi empat lembaga ini yang akan bergerak ke desa-desa maupun kelurahan untuk melakukan penekanan agar stunting dapat dicegah,” tutup Walikota Irsan. (Nas/r)

  • Bagikan