Menu
Warta Mandailing

Bupati Padang Lawas: “Safari Ramadhan Ajang Silahturrahim dan Media Komunikasi Sosial”

  • Bagikan
Plt Bupati Padang Lawas, drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu, Cht. MM. M.Si bersama tim memulai rangkaian Kegiatan Safari Ramadhan 1443 H Kabupaten Padang Lawas dari Desa Siali Ali, Kecamatan Lubuk Barumun, Senin, 11 April 2022. (Foto: Humas)

WARTAMANDAILING.COM, Padang Lawas – Rombongan Safari Ramadhan disambut hangat oleh Camat Lubuk Barumun Sulaiman Harahap dan kepala Desa Siali ali Tolong Hasibuan serta yang berhadir saat itu.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Padang Lawas (Palas) juga atas nama pribadi, saya menyampaikan ucapan selamat menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1443 H Tahun 2022 Masehi kepada Saudara saudaraku umat muslim se Kabupaten Palas, semoga bulan suci ramadhan ini membawa keberkahan, kebahagiaan  kedamaian dan kesejahteraan khususnya bagi suluruh masyarakat Kabupaten  Padang Lawas,” ucap Zarnawi dalam sambutannya.

Dijelaskannya, Desa Siali Ali Kecamatan Lubuk Barumun merupakan salah satu desa tertua di Kabupaten Palas yang berumur sekitar 120 tahun. Kita mengawali Safari Ramadhan tahun ini dari Desa Siali ali sebagai wujud rasa bangga dan cinta kita terhadap desa ini yang merupakan bagian sejarah dari Kabupaten Palas.

Menurut Zarnawi, Safari Ramadhan merupakan agenda tahunan yang bertujuan membangun dan memperkuat jalinan silaturrahim antara pemerintah daerah dan masyarakat.

“Ini salah satu wujud kebersamaan dan suka cita kita memeriahkan Bulan Ramadhan bersama masyarakat,” tutur Plt Bupati.

Disamping itu safari ramadhan diharapkan sebagai media komunikasi sosial untuk mendengar langsung aspirasi masyarakat sebagai bahan masukan demi kelancaran tugas dan kinerja pemerintah.

“Mari kita jadikan Bulan suci ramadhan ini sebagai momentum dalam meningkatkan kerukunan dan keharmonisan diantara kita, semoga kita selalu mendapat ridho dari Allah SWT,” pungkas Zarnawi mengakhiri.

Penyampaian tausiyah oleh Ustadz H. Achmad Fauzan Nasution, Sq, S.Hi, M.Pd.I menerangkan dalam Hadist Nabi Muhammad SAW bahwa Ramadhan adalah bulan kesabaran, puasa sebagian dari kesabaran. Rasulullah bersabda Ash-shaumu nishful shabri. (HR.At-Tirmidzi dan Al-Baihaqi)

“Dibulan ini kita melatih kesabaran dengan berpuasa. Tantangan puasa adalah menjaga kesabaran,” ucap Ustadz H. Achmad Fauzan Nasution.

“Tiga macam sabar yang harus kita terapkan di bulan ramadhan ini diantaranya, sabar melaksankan perintah Allah SWT, sabar untuk untuk menghindari hal – hal yang diharamkan oleh Allah dan sabar menahan lapar dan dahaga,” sambungnya.

“Balasan dari Allah akan berbanding lurus dengan apa yan kita perbuat, Semoga Allah menjadikan kita orang orang yang sabar,” tutup Ustadz Fauzan.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Kajari Padang Lawas, Ketua Pengadilan Negeri Sibuhuan, Ketua Pengadilan Agama Sibuhuan, Pabung 0212 TS,  Ketua MUI, Para Asisten, para Kepala OPD Kabupaten Padang Lawas, perwakilan Kemenag dan Insan Pers. (MEP)

  • Bagikan