FKS Desa Hutalombang Lubis Gelar Dialog Tematik ll Budidaya Ikan dan Peresmian.

  • Bagikan
FKS Desa Hutalombang Lubis gelar dialog tematik ke ll, budidaya ikan sekaligus peresmian, (fhoto-istimewa)

WARTAMANDAILING.COM, Mandailing Natal – Forum keserasian sosial (FKS) Serasi Desa Hutalombang Lubis, Kecamatan Panyabungan, Kabupaten Mandailing Natal (Madina) menggelar diskusi tematik ke ll dan penaburan bibit ikan sekaligus peresmian kegiatan, Minggu 4/9/2022.

Turut Hadir, Kasi Dinas Sosial Madina, anggota DPRD Madina, Pendamping Pelopor Perdamaian, Camat Panyabungan, Kepala Desa Hutalombang Lubis, Kapolsek Panyabungan, Naposo Nauli Bulung dan para kaum ibu.

Pelopor Perdamaian Madina Maradotang Pulungan dalam laporannya, kegiatan forum keserasian sosial serasi yang terlaksana pada kesempatan ini, sebelumnya direkomendasi oleh dinas sosial madina untuk mendapat bantuan dari kementerian sosial republik indonesia.

“program bantuan dari kementerian sosial republik indonesia, hanya desa hutalombang lubis di kabupaten mandailing natal yang mendapat kesempatan pada tahun ini, dan alhamdulillah kegiatan ini sudah dapat berjalan dengan baik, “Pungkasnya.

Sementara Kasi Dinas Sosial Madina Ali Asgor S. Sos. menuturkan, keserasian sosial adalah kondisi sosial yang menjamin terciptanya hubungan dan Insteraksi sosial antar warga masyarakat yang dinamis, selaras seimbang untuk hidup berdampingan secara damai berdasarkan kesetaraan, kebersamaan dan persaudaraan sejati.

“forum keserasian sosial ini merupakan wadah yang dibentuk oleh kementerian sosial republik indonesia, hal ini bertujuan untuk mendamaikan dua sisi potensi komplik yang sebelumnya terjadi ditegah masyarakat kita, “ujarnya.

Ia menjelaskan, tugas dan tanggung jawab ini dilakukan melalui berbagai kegiatan bersama masyarakat seperti memfasilitasi dialog tematik, kerja bakti dan gotong royong serta penguatan ekonomi akibat dampak dari covid 19.

“dengan adanya kegiatan forum keserasian sosial ini, masyarakat dapat hidup dengan harmonis serta terciptanya rasa keamanan dan kenyamanan dalam bermasyarakat, “Harapnya.

Camat panyabungan Miswar Pulungan mengakui, menyambut baik terbentuknya forum keserasian sosial serasi desa Hutalombang lubis, karena melalui forum ini semangat kebersamaan dan gotong royong di desa kembali meningkat.

“sekarang ini semangat gotong royong dan kebersamaan mulai menurun, ini yang harus dipupuk kembali, kami pun mengajak seluruh masyarakat, agar terus peduli terhadap lingkungan dan bangkitkan semangat gotong royong dan kebersamaan,”tuturnya.

Dalam kesempatan itu, camat juga apresiasi fks dan tokoh masyarakat setempat yang bekerjasama melaksanakan kegiatan tersebut dengan baik secara gotong royong, sehingga masyarakat dapat menikmati mamfaat dari kegiatan yang sudah terlaksana.

“ia berharap di tahun 2023 mendatang ada lagi program seperti ini, sebab masih banyak desa dan kelurahan di wilayah ini yang membutuhkan bantuan seperti itu, agar potensi komflik sosial yang ada diwilayah kecamatan panyabungan kedepan dapat teratasi, “ujarnya saat mengikuti peresmian.

(R-02)

  • Bagikan