Banjir Luapan Sungai Batang Tamiang, Puluhan Rumah Warga Desa Sampuran Terendam

  • Bagikan
Bajir luapan sungai taming di desa sampuran, forkopimcam plus salurkan bantuan sembako, (fhoto-istimewa)

WARTAMANDAILING.COM, Mandailing Natal – Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Mandailing Natal (Madina) sepanjang hari Rabu malam (21/9/2022) hingga Kamis dini hari mengakibatkan sungai Batang Tamiang di Desa Sampuran Kecamatan Ranto Baek meluap dan menggenangi rumah warga.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Madina, Edi Sahlan yang dihubungi melalui selulernya membenarkan Desa Sampuran dilanda banjir luapan Sungai Batang Tamiang, dan situasi saat ini masih terkendali.

“Berdasarkan laporan awal yang diterima ada sebanyak 30 rumah warga yang telah digenangi air, dengan kedalaman berbeda, mencapai satu setengah meter, dan tidak ada korban jiwa yang dilaporkan,” terang Edi.

Kepada wartawan, Kepala BPBD Kabupaten Madina menjelaskan bahwa saat ini petugas dari BPBD sudah disiap siagakan untuk diturunkan ke Desa Sampuran, dengan membawa perlengkapan dan bantuan awal untuk korban bencana banjir di Desa Sampuran Kecamatan Ranto Baek.

Sementara Camat Ranto Baek, Sopian menuturkan, banjir yang melanda Desa Sampuran akibat dari meluapnya sungai Batang Tamiang dan sungai Sampuran Godang. Hal ini terjadi akibat curah hujan tinggi diwilayah ini sejak sore.

“Luapan sungai terjadi sejak semalam, akibatnya pemukiman warga terendam banjir diperkirakan setinggi 50 cm hingga 60 cm dan pagi ini sudah mulai surut,” ujar Camat Ranto Baek.

Selain rumah yang terendam, lanjut Sopian, sekolah juga terendam dan persawahan warga juga ikut rusak akibat dampak dari luapan banjir.

“Akibat dampak banjir, sekitar satu setengah hektare sawah warga rusak parah dan siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 3 terpaksa diliburkan hari ini,” sebutnya.

Sopian menambahkan, pihak kecamatan Ranto Baek dan penanggulangan bencana daerah saat ini sudah membuka dapur umum dan mendirikan posko dilokasi banjir.

“Banjir sudah mulai surut, dan hari ini Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (forkopimcam) sudah mendistribusikan bantuan sembako terhadap warga terdampak banjir,” tutupnya. (Syahren)

Editor: Paruhum
  • Bagikan