Dua Hari Dikulkas : Perut ikan Dibelah Isinya kutu kura-kura Hidup

Sejumlah warga dan penangkap ikan dihebohkan sejak beberapa minggu ini, pasalnya, ikan jenis sulum dan ikan jurung hasil tangkapan warga, dalam perutnya ditemukan binatang kecil berwarna putih. fhoto : istimewa
Sejumlah warga dan penangkap ikan dihebohkan sejak beberapa minggu ini, pasalnya, ikan jenis sulum dan ikan jurung hasil tangkapan warga, dalam perutnya ditemukan binatang kecil berwarna putih. fhoto : istimewa

WARTAMANDAILING.COM, Mandailing Natal – Sejumlah warga dan penangkap ikan dihebohkan sejak beberapa minggu yang lalu di wilayah kecamatan Kotanopan, pasalnya, ikan jenis sulum hasil tangkapan mereka dalam perutnya ditemukan binatang kecil berwarna putih.

“usai ditangkap, ikan dibersihkan lalu dibelah dalam isi perutnya ditemukan jenis kutu kura-kura berwarna putih.”jelas yudi lewat sambungan telepon kepada Warta Mandailing Minggu, (19/2/2023).

Yudi menceritakan, temuan ini sejak beberapa minggu yang lalu awalnya ada warga yang sedang menangkap ikan sulum di Daerah Aliran Sungai (DAS) Batang Gadis tepatnya, di wilayah Desa Saba Dolok, kecamatan Kotanopan.

“ikan yang tangkap jenis ikan sulum, anehnya, dikabarkan meski sudah dua hari disimpan dalam kulkas, ketika dibelah dalam perutnya ditemukan kutu kura-kura yang masih hidup.”ujar yudi pemilik akun youtube halak Kotanopan ini.

Sementara, sumber lain warga setempat yang dikonfirmasi awak media melalui sambungan telepon, ia membenarkan belakangan ini ikan sulum yang ditangkap warga sering ditemukan isi perutnya kutu kura-kura.

“Iya benar, ikan sulum dalam perutnya ada kutu, selain ikan sulum, kemarin saya juga dapat kiriman video dari warga Desa Muarasoro yang menangkap ikan jurung, ternyata, ikan jurung pun dalam perutnya ada ditemukan kutu kura-kura.”jelasnya.

Camat kotanopan Pangeran Hidayat menjawab wartawan membenarkan penemuan ikan yang ditangkap warga Desa Hutarimbaru dan Desa Saba Dolok di aliran sungai Batang Gadis, dalam perut ikan tersebut di temukan sejenis kutu.

Read More

“Kita dari kecamatan Kotanopan telah menyurati dinas perikanan madina atas temuan ikan tersebut, pihak Dinas Perikanan telah turun ke TKP untuk melakukan penelitian.”ujar Pangeran Senin (20/2/2023)

Tidak diketahui secara pasti penyebabnya kenapa ikan sulum dan ikan jurung belakangan ini yang didapat warga di wilayah tersebut, dalam perutnya sering ditemukan kutu kura-kura, muncul pertanyaan, bila dikonsumsi manusia apakah hal ini bisa membahayakan kesehatan, hingga berita ini diterbitkan belum didapat keterangan resmi terkait hasil penelitian ikan tersebut.

(Syahren)