5 Tips Menarik untuk Menanam Bawang Merah di Rumah

4. Meski sama-sama pakai botol, tapi cara menanam bawang merah di botol Aqua yang ini berbeda. Bahkan bisa dibilang lebih simpel

Tak perlu repot-repot menyiapkan bibit, sebab kamu bisa pakai bawang merah sisa masak yang mulai tumbuh tunas. Yuk, langsung siapkan media tanamnya saja.

  1. Potong leher botol plastik bekas yang akan dipakai. Lubangi tiap sisinya dengan menggunakan gunting.
  2. Isikan botol dengan tanah yang sudah dicampur pupuk kompos. Kemudian benamkan ujung umbi bawang merah. Kamu hanya boleh menggunakan satu botol untuk satu benih saja, ya!
  3. Jika sudah, tunggu hingga bawang merah mulai tumbuh tunas, lalu siram dengan menggunakan semprotan.
  4. Setelah berusia tujuh minggu, biasanya bawang merah sudah bisa kamu panen lo!

5. Cara menanam bawang merah tanpa tanah ini cukup membuat penasaran. Ternyata cuma pakai kotak telur saja

Cara menanam bawang merah dan bawang putih dengan metode ini jarang dilakukan, padahal terbilang cukup praktis dan mudah perawatannya. Kunci keberhasilan metode ini ada pada bibit yang digunakan. Sehingga kamu perlu memastikan kalau bibitmu berukuran besar, tua, dan nggak cacat. Sebelum ditanam, bibit harus ditusuk dulu pada bagian tengah umbinya lalu rendam akarnya di air. Diamkan bibit di tempat gelap selama dua sampai empat hari atau hingga muncul tunas. Jika sudah, kamu siap menanam bawang merah menggunakan kotak telur.

  1. Siapkan pupuk cair lalu campur dengan air yang sudah diberi tumbukan bawang merah. Kemudian, siramkan ke kotak telur guna merangsang pertumbuhan akarnya nanti.
  2. Tumpuk lima kotak telur menjadi satu lalu rendam di campuran larutan tadi. Diamkan sesaat lalu angkat dan tunggu hingga kotak mulai terasa lembap.
  3. Lepas tusukan bawang merah lalu masukkan di media tanam yang sudah disiapkan. Tunggu sampai tiga hari dulu baru kamu boleh menyiramnya. Baiknya siram dengan menggunakan semprotan agar air nggak terlalu membasahi media tanam.
  4. Di hari berikutnya, kamu bisa menambahkan nutrisi lain pada tanaman bawang merahmu. Misalnya cairan teh atau air cucian beras. Setelah 90 hari, biasanya bawang merah sudah siap dipanen lo!

Metode di atas bisa kamu gunakan juga sebagai cara menanam bawang merah di musim hujan. Agar akarnya nggak busuk, pastikan kalau asupan air dan nutrisi di tanaman bawang merahmu nggak berlebihan. Kalau mau cari cara paling mudah, bisa praktikkan cara menanam bawang merah di botol Aqua, ya!

Sumber: hipwee.com

Read More

Related posts