Warga Berhamburan, Tapsel Madina Diguncang Gempa M 6,4

WARTAMANDAILING.COM, Mandailing Natal – Gempa hari ini berkekuatan magnitudo 6,4 mengguncang sebagian wilayah provinsi Sumatera Utara pada Senin (3-4-2023) malam, tepat pukul 21.59 WIB.

Getaran dirasakan mulai hanya oleh beberapa orang dan membuat benda-benda ringan yang digantung bergoyang hingga dirasakan di dalam rumah dan gedung kantoran.

Berdasarkan informasi badan metodologi klimatologi dan Geofisika (BMKG) gempa berpusat di laut samudera yang berjarak sekitar 82 kilometer ke arah barat daya Tapsel-Madina.

Pusat gempa berada pada kedalaman 102 kilometer di dasar laut samudera Indonesia dan tidak berpotensi tsunami, titik koordinat berada di 0,86 lintang utara 97,73 bujur timur.

Di Sumatra Utara, guncangan gempa bumi dirasakan di wilayah Mandailing Natal, Tapanuli Selatan, Padang Sidempuan, Padang lawas, Tapanuli Tegah dan Pulau Nias.

Sedangkan di provinsi Sumatra barat, guncangan gempa dirasakan warga masyarakat diwilayah Pasaman barat dan Pasaman timur.

Informasi yang di peroleh, Kantor Samsat Natal di kecamatan Natal, mengalami kerusakan akibat gempa yang terjadi di malam ke-13 puasa bulan suci Ramadhan.

Read More

Sementara, ratusan warga Desa Tabuyung, Kecamatan Muara Batang Gadis berhamburan keluar rumah menyelamatkan diri, bahkan sebagian warga tidak berani pulang ke rumah sebelum situasi kondusif dan memilih mengungsi sementara di tempat yang lebih aman.

“Iya sebagian warga mengungsi di rumah saya dan sebagian di pos polisi dan tempat lainnya.”ujar Zia ulhaq Kades Tabuyung

(Syahren)

Related posts