Dinas PMD Madina Gelar Sosialiasi Pilkades Serentak  di Kecamatan Kotanopan

Sosialisasi yang dilaksanakan mulai Selasa (20/6/2023) di masing-masing desa ini langsung di hadiri Panitia Pilkades tingkat Kecamatan Kotanopan.
Sosialisasi yang dilaksanakan mulai Selasa (20/6/2023) di masing-masing desa ini langsung di hadiri Panitia Pilkades tingkat Kecamatan Kotanopan.

WARTAMANDAILING.COM, Mandailing Natal – Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) dibantu Panitia Sosialisasi  Pilkades tingkat Kecamatan  melaksanakan Sosialisasi Pemilihan Kepala Desa serentak tahun 2023 kepada Panitia Pemilihan Kepala Desa di 24 desa yang  ikut melaksanakan Pilkades  serentak di Kecamatan Kotanopan.

Sosialisasi yang dilaksanakan mulai Selasa (20/6/2023) di masing-masing desa ini langsung di hadiri Panitia Pilkades tingkat Kecamatan  Pangeran Hidayat dan Bahren Daulay dan unsur panitia lainnya. Dalam setiap sosialisasi ini, panitia pemilihan Kepala Desa langsung menghadiri  kegiatan  yang di maksud.

Salah seorang narasumber dalam kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan di Desa Muarasiambak Jumat (23/6/2023) Bahren Daulay berharap setiap panitia pemilihan Kepala Desa yang sudah di angkat harus mengetahui landasan hukum, aturan dan peraturan yang ada.

Seperti peraturan Menteri Dalam Negeri dan Peraturan Bupati (Perbup)  tentang pelaksanaan Pilkades secara serentak ini.

Ia juga meminta setiap panitia pemilihan Kepala Desa harus bersifat profesional, tidak berpihak kepada salah satu calon dan mengetahui persyaratan administrasi  calon dengan baik dan benar.

Sedangkan Pangeran Hidayat, sebagai Ketua Tim Sosialisasi Panitia Pilkades kecamatan  dalam kesempatan itu mengatakan, tujuan sosialisasi Pilkades serentak tahun 2023 agar panitia pemilihan Kepala Desa yang sudah di angkat di 24 desa di Kecamatan Kotanopan benar- benar memahami dan mengetahui bagaimana mekanisme pelaksanaan  Pilkades, baik mengenai tahapan, persyaratan administrasi dan tata cara pemilihan dan lainnya.

Selain itu, kegiatan ini untuk mendukung dan mensukseskan pelaksanaan Pilkades serentak di Kabupaten Mandailing Natal yang berlangsung di bulan Agustus 2023 nanti.

Read More

Panitia Pilkades diharapkan memiliki kesepahaman, pengertian dan pemikiran yang sama terkait dengan proses dan tahapan  pelaksanaan Pilkades. Intinya, sosialisasi ini bertujuan agar panitia bisa bekerja lebih maksimal dan profesional dengan harapan pelaksanaan Pilkades ini bisa berjalan dengan sukses.

Pangeran Hidayat juga menyampaikan, untuk Kecamatan Kotanopan yang akan mengikuti Pilkades serentak di tahun 2023 ini ada 24 desa. 

“Dari 24 desa itu semua Panitia Pilkades sudah siap di bentuk dan diangkat BPD. Para panitia pilkades ini juga sudah bekerja di lapangan  dan saat ini sudah masuk tahapan verifikasi administrasi tahapan para calon.,” ujarnya.

Adapun ke 24 desa yang akan melaksanakan Pilkades serentak tahun 2023 di Kotanopan,  masing masing Desa Batahan, Pagar Gunung, Ujung Marisi, Simpang Tolang Julu, Hutapuli, Simpang Tolang Jae, Sayurmaincat.

Desa Babadolok, Singengu Jae, Singengu Julu,  Hutarimbaru SM ,Hutabaringin TB,  Tombang Bustak, Gading Bain, Gunungtua MS, Muarasiambak dan Manambin.

Kemudian Desa Muara Pungkut, Hutapungkut Jae, Hutapungkut Julu, Usor Tolang, Muara Botung, Botung dan Tobang .  (M.Lubis).