Pemko Padangsidimpuan Kembali Salurkan Bantuan Pangan Cadangan Beras Tahap Ketiga

WARTAMANDAILING.COM, Padangsidimpuan – Pemko Padangsidimpuan kembali menyalurkan bantuan pangan cadangan beras pemerintah tahap ketiga kepada masyarakat, Jum’at (30/6/2023).

Penyaluran bantuan pangan cadangan beras tahap ketiga diberikan kepada 11.790 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang masuk Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang ada di Kota Padangsidimpuan.

Kepala Dinas Sosial, Zufri Nasution mengatakan, bantuan pangan cadangan pemerintah berasal dari Badan Pangan Nasional (Bapanas).

Bantuan pangan cadangan beras pemerintah diberikan kepada masyarakat selama tiga bulan, yaitu April, Mei dan Juni 2023.

Tiap KPM menerima bantuan pangan cadangan beras pemerintah sebanyak 10 kilogram per bulan.

“Sekarang, penyaluran bantuan pangan cadangan beras pemerintah tahap ketiga atau tahap terakhir,” kata Zufri usai penyaluran bantuan pangan cadangan beras pemerintah di Aula Kantor Camat Padangsidimpuan Angkola Julu.

Dikatakannya, bantuan pangan cadangan beras pemerintah diberikan untuk mencukupi kebutuhan pangan masyarakat.

Read More

Ia berharap masyarakat memanfaatkan dengan baik bantuan pangan cadangan beras pemerintah.

“Kami menggandeng Kantor Pos dalam menyalurkan bantuan pangan cadangan beras pemerintah kepada masyarakat,” ujarnya.

Seperti diketahui, bantuan pangan cadangan beras mulai disalurkan kepada masyarakat sejak April 2023.

Sebelumnya Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution, SH, MM pada sambutannya pada penyaluran bantuan beras cadangan tersebut mengatakan bahwa bantuan ini merupakan tahap yang ketiga, dimana untuk tahap pertama dan kedua sudah kita lakukan pada bulan sebelumnya.

Beliau juga menjelaskan bahwasannya bantuan pangan ini berasal dari pemerintah pusat program Bapanas (Badan Pangan Nasional) RI, yang disalurkan melalui Perum Bulog melalui PT Pos Indonesia, dimana pada hari ini untuk Kec. Padangsidimpuan Angkola Julu sebanyak 820 dan Kec. Padangsidimpuan Hutaimbaru sebanyak 1.390.

“Semoga saja dengan adanya bantuan pangan berupa penyaluran cadangan beras pemerintah ini akan membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari, dan hal ini menunjukan perhatian pemerintah terhadap masyarakatnya,” tukasnya.

“Penyaluran bantuan beras cadangan pemerintah ini, merupakan salah satu bentuk perhatian Pemko Padangsidimpuan kepada masuyarakat khususnya yang masuk DTKS. Pemko Paadangsidimpuan akan selalu mengupayakan agar warga kita yang kurang mampu, terbantu dengan bantuan ini, khususnya dalam kesediaan pangan,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Irsan juga menjelaskan bahwa Pemerintah Daerah akan terus berupaya untuk meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakatnya dengan berbagai program dan bantuan dari pusat yang dapat ditarik ke Kota Padangsidimpuan.

Kemudian, Executive Manager PT. Pos Indonesia Padangsidimpuan Hamdani Suseno, melaporkan program ini merupakan tanggungjawab Badan Pangan Nasional dan penyedia adalah Bulog kemudian PT. Pos Indonesia sebagai pendistribusiannya.

Hamdani mengatakan, hari ini penyaluran CBP dilaksankan di dua titik, yakni di Kec. Padangsidimpuan Angkola Julu sebanyak 820 keluarga penerima manfaat (KPM) dan 1.390 KPM di Kecamatan Padangsidimpuan Hutaimbaru.

Boru Siregar salah seorang KPM, warga Desa Joring Natobang mengucapkan terimakasih atas bantuan cadangan beras ini, ia mengatakan dengan adanya program CBP ini cukup membantu meringankan kebutuhan sehari-hari dan berharap program bantuan pangan tersebut bisa terus berlanjut.

Hadir pada pembagian BCBP, Kadis Sosial, Kadis Ketapang, Kadis Kominfo, Camat Padangsidimpuan Angkola Julu, Seluruh Kepala Desa se Kecamatan Padangsidimpuan Angkola Julu serta tamu undangan lainnya. (r)

Related posts