40 Rumah di Dusun Siurabaot Madina Belum Teraliri Listrik, Warga Pakai Minyak Tanah

Salah satu rumah warga Dusun Siurabot, Desa Siobon julu, Kecamatan Panyabungan, Kabupaten Mandailing Natal yang belum teraliri listrik, senin (10/7/2023) fhoto : Warta Mandailing.
Salah satu rumah warga Dusun Siurabot, Desa Siobon julu, Kecamatan Panyabungan, Kabupaten Mandailing Natal yang belum teraliri listrik, senin (10/7/2023) fhoto : Warta Mandailing.

WARTAMANDAILING.COM, Mandailing Natal – Sekitar 40-an lebih rumah di Dusun Siurabaot, Desa Siobon julu, Kecamatan Panyabungan, Kabupaten Mandailing Natal, belum teraliri listrik. Hal ini diungkapkan Pj Kades Siobon julu Abdul Azis. Total ada sekitar 40-an Kepala Keluarga (KK) di dusun tersebut.

Abdul Azis mengatakan, Sebenarnya tiang dan tali sudah terpasang hingga ke dusun Siurabaot, pemasangan jaringan listrik itu sumber dananya diambil dari dana desa beberapa tahun yang lalu.

“Tiang dan tali listrik sudah terpasang, biayanya diambil dari dana desa beberapa tahun yang lalu, hanya saja arus yang tidak masuk dan tidak kuat bisa tembus kesana.”ujar Abdul Azis Kepada Warta Mandailing, Senin (10/7/2023).

Pihaknya juga mengaku akan berkoordinasi dengan Pemda Madina dan PLN cabang Panyabungan agar mendapatkan solusi atas kondisi tersebut.

“Dari data, hampir 45 rumah warga berada di dusun itu, jangka dekat kita akan konsultasi dengan Pemkab Madina dan pihak PLN cabang Panyabungan.”ujarnya.

Meski Madina mekar sudah berusia 24 tahun rasio elektrifikasi yang digaungkan pemerintah sejak lama belum dirasakan warga pelosok desa, salah satunya dusun Siurabaot, Desa Siobon julu, Kecamatan Panyabungan, Menurut warga, tidak hanya jaringan listrik, jalan menuju dusun ini pun masih sangat sulit dilalui.

“Kami masih pakai minyak tanah, anak-anak di dusun kami belajar dengan menggunakan lampu pelita, mereka kesulitan belajar dengan lampu teplok, mata perih akibat asap, alhasil belajar mereka pun ngak maksimal.”kata Nurmala.

Read More

Nurmala dengan warga Dusun Siurabaot, Desa Siobon julu lainnya berharap wilayah mereka dapat segera teraliri listrik dari PLN demi menunjang belajar siswa dan aktivitas warga desa lainnya. (Syahren)