Peduli Budaya Literasi, Polres Madina Serahkan 110 Buku Untuk Siswa SD Hutapungkut Julu

Polsek Kotanopan membagikan 110 Buku kepada siswa SDN 217 di Desa Hutapungkut julu, Kecamatan Kotanopan, Kabupaten Mandailing Natal, Kamis, (7/9/2023) fhoto : Munir lubis/Wartamandailing.
Polsek Kotanopan membagikan 110 Buku kepada siswa SDN 217 di Desa Hutapungkut julu, Kecamatan Kotanopan, Kabupaten Mandailing Natal, Kamis, (7/9/2023) fhoto : Munir lubis/Wartamandailing.

WARTAMANDAILING.COM, Mandailing Natal – Polres Mandailing Natal peduli budaya literasi, terbukti pengayom masyarakat itu melalui jajaran Polsek Kotanopan membagikan 110 Buku kepada siswa SDN 217 di Desa Hutapungkut julu, Kecamatan Kotanopan, Kabupaten Mandailing Natal, Kamis, (7/9/2023)

Diketahui, kegiatan pendistribusian buku bacaan ini dalam rangka program Polri Peduli Budaya Literasi Distribusi Buku Sampai Pelosok Nusantara.

Kehadiran Kapolsek kotanopan yang didampingi beberapa personil Polsek kotanopan disambut dengan ceria oleh Kepala SD Negeri 217 Hj. Ritawati bersama guru-guru dan sejumlah siswa.

Dalam kesempatan itu, Kapolsek Parsaulian menyerahkan 110 buku bacaan dan beberapa lusin buku tulis yang terima langsung Kepala Sekolah disaksikan para guru dan siswa sekolah dan buku tersebut selanjutnya diberikan kepada siswa.

Kapolsek Kotanopan Iptu Parsaulian Ritonga menyampaikan, kedatangannya ke sekolah ini selain memantau kondisi lingkungan sekolah karena beberapa hari yang lalu ditemukan jejak harimau di belakang sekolah, kesempatan ini sekaligus untuk mendistribusikan buku dari Kapolres Mandailing Natal.

Kegiatan pembagian buku tersebut jelasnya untuk mensukseskan program Kapolri dan menjadi bagian dari upaya Polri dalam memberikan efek positif di masyarakat, khususnya dalam budaya membaca. Masyarakat diharapkan akan semakin terdorong dan berkontribusi untuk membangun budaya literasi ini.

“Kehadiran kita disini untuk mendistribusikan buku ke SD Negeri 217 Hutapungkut Julu. desa paling ujung Kotanopan dan berbatasan dengan Kecamatan Ulupungkut ,” ucapnya.

Read More

Menurutnya, pendistribusian buku yang berjumlah 110 judul dan beberapa lusin buku tulis ini dilaksanakan oleh Polres Madina melalui jajaran Polsek Kotanopan dalam rangka upaya Polri untuk menambah wawasan, ilmu pengetahuan baik anak-anak ataupun masyarakat lainnya.

“Semoga pendistribusian buku ini menjadi motivasi bagi pendidikan dan pelajar. Kita berharap pembagian buku ini bisa semakin mendorong budaya literasi masyarakat. Kepolisian selalu hadir dan turut serta mencerdaskan kehidupan anak bangsa yang unggul dan siap bersaing ,” ujarnya.

Sementara Kepala SD Negeri No 217 Hutapungkut Hj. Ritawati mengucapkan banyak terimakasih kepada Kapolres Mandailing Natal yang telah berkenan membantu berupa buku bacaan dan buku tulis untuk siswa.

“Selaku kepala sekolah, saya tentunya sangat bahagia menerima buku ini dan akan menjadi motivasi bagi kami pendidik di sekolah ini. Adanya pendistribusian buku ini sejalan dengan upaya pemerintah dalam meningkatkan pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat dalam bidang pendidikan ,” ujarnya.

Usai penyerahan buku, Parsaulian Ritonga juga menyempatkan diri masuk ke ruang kelas siswa. Dalam kesempatan itu, beliau sempat memberikan pertanyaan kepada sejumlah siswa tentang rukun iman dan memberikan hadiah bagi seorang siswa yang berhasil menjawabnya.

Diketahui, dua pekan sebelumnya, siswa SD Negeri No 217 ini sempat pindah ruang belajar ke gedung MDTA yang ada di Desa Hutapungkut Julu, sebab jejak harimau ditemukan di belakang sekolah, namun beberapa hari ini, tempat belajar anak-anak itu sudah di pindahkan ke ruang belajar SD Negeri No 217 kembali. (Munir Lubis).