Disdukcapil Madina Terus Genjot Data Adminduk Lewat Pelayanan Keliling

Petugas dari Disdukcapil Madina Ketika Melakukan Pelayanan Adminduk Keliling di Aula Kantor Camat Kotanopan, Selasa (24/10/2023). (Munir Lubis/ Wartamandailing.
Petugas dari Disdukcapil Madina Ketika Melakukan Pelayanan Adminduk Keliling di Aula Kantor Camat Kotanopan, Selasa (24/10/2023). (Munir Lubis/ Wartamandailing.

WARTAMANDAILING.COM, Mandailing Natal – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Mandailing Natal terus melaksanakan jemput bola pelayanan keliling, perekaman data dukcapil terus digenjot terutama untuk menunjang persiapan Pemilu 2024 mendatang.

Kegiatan pelayanan perekaman keliling bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam mengurus dokumen kependudukan. Setiap warga tentunya harus memiliki identitas diri secara elektronik di data kependudukan, namun sebagian dari mereka belum bisa datang mengurusnya ke kantor Disdukcapil Madina di Panyabungan, karena sibuk.

Saat ini Disdukcapil Madina terus menggelar pelayanan keliling yang difokuskan di kecamatan-kecamatan maupun sekolah-sekolah tingkat SLTA untuk melakukan perekaman e-KTP dan administrasi kependudukan lainnya terlebih untuk pemula.

Seperti pada Selasa (24/10/2023), petugas dari Disdukcapil Madina melaksanakan pelayanan keliling administrasi kependudukan (Adminduk) di dua tempat di Kecamatan Kotanopan, masing-masing di aula Kantor Camat Kotanopan dan SMK Negeri 1 Kotanopan.

Pelayanan keliling administrasi kependudukan yang dilakukan berupa pembuatan maupun perbaikan Kartu Keluarga (KK), perekaman e-KTP dan penggantian KTP, akte kematian, akta kelahiran khususnya kepada pemilih pemula agar ikut mencoblos pada pemilihan legislatif dan eksekutif di tahun 2024 nanti.

Pantauan di lapangan, pelayanan yang dilakukan di aula kantor Camat Kotanopan diikuti puluhan warga yang datang dari berbagi desa. Mereka sangat terbantu dengan adanya kegiatan pelayanan keliling tersebut, karena tidak perlu lagi datang ke kantor Disdukcapil Madina. Begitu juga di SMK Negeri 1 Kotanopan, puluhan siswa/i dilayani dalam pelayanan keliling tersebut.

Kepala Dinas Dukcapil Mandailing Natal, Ridwan Nasution melalui Sekretaris Yamnah Nasution saat ditemui di aula kantor Camat Kotanopan Selasa (24/10/2023) mengatakan, kegiatan pelayanan keliling administrasi ini merupakan program dari Disdukcapil Mandailing Natal yang dilaksanakan mulai tanggal 11 September sampai 2 Desember 2023.

Read More

“Pelayanan keliling ini sudah kami laksanakan di beberapa kecamatan dan hari ini merupakan kecamatan yang ke 13. Tujuan pelayanan keliling untuk mempermudah masyarakat mengurus administrasi kependudukan, “ujar Yamnah.

Lanjut, Yamnah warga tidak perlu lagi datang ke Panyabungan, cukup hanya di kecamatan dan sekolah – sekolah tempat dilaksanakannya perekaman administrasi kependudukan ini. Sedangkan layanan utama program ini adalah mereka-mereka yang menjadi pemilih pemula agar bisa nanti ikut pemilihan di tahun 2024.

“Kami menghimbau agar warga proaktif menghadiri kegiatan ini. Sebab kami dari Disdukcapil sudah turun langsung ke masyarakat, jadi mari sama sama kita manfaatkan program ini, terutama bagi mereka – mereka yang menjadi pemilih pemula ,” ujarnya.

Terpisah, Kabid Pengembangan Informasi Administrasi Kependudukan ( PIAK) Disdukcapil Madina Ibrahim Lubis,SE mengutarakan, kegiatan pelayanan administrasi kependudukan (adminduk) ini akan terus di laksanakan sesuai jadwal yang telah ditetapkan.

“Untuk hari Rabu ( 25/10/ 2023) pelayanan keliling Administrasi ini akan kami laksanakan di SMK Negeri 2 Kotanopan, kemudian pada hari Kamis ( 26/20/2023) dilakukan di Pondok Pesantren Subulussalam Sayurmaincat dan kemudian di lanjutkan Jum’at ( 27/10/2023 ) dilingkungan SMA Negeri 1 Kotanopan ,” terangnya.

Ibrahim juga berharap agar pelayanan keliling Adminduk tersebut benar-benar dimanfaatkan oleh masyarakat.

“Setiap warga tentunya harus mendapatkan identitasnya secara elektronik, untuk memudahkan masyarakat dalam mengurus dokumen kependudukan itu, Disdukcapil Madina melakukan jemput bola dan pelayanan keliling ke seluruh kecamatan yang ada di daerah ini ,” tuturnya.(Munir Lubis).