Pengamanan Nataru, Polres Tapteng Laksanakan Apel Gelar Pasukan Ops Lilin Toba 2023

WARTAMANDAILING.COM. Tapanuli Tengah – Waka Polres Tapanuli Tengah Kompol Kamaluddin Nababan, SH pimpin apel gelar pasukan operasi lilin Toba 2023 dalam rangka Pengamanan Natal Tahun 2023 dan Tahun Baru 2024 di Wilayah Kab. Tapanuli Tengah yang bertempat di Lapangan Apel Mapolres Tapanuli Tengah. Kamis (21/12/2023) pukul 09.00 Wib.

Hadir dalam kegiatan tersebut Pemkab Tapteng, Denpom I/2 Sibolga, Kodim 0211/Tapteng, Lanal Sibolga, Sat Radar 234 Sibolga, Koramil Pandan, Kadishub Tapteng, Basarnas Sibolga, Satpol PP Tapteng dan BPBD Tapteng serta Instnasi terkait lainnya.

Waka Polres Tapteng membacakan amanat Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si dalam pelaksanaan gelar pasukan Ops Lilin Toba-2023 menyampaikan bahwa apel gelar pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan personel maupun sarana prasarana sehingga pengamanan dapat terselenggara secara optimal dan perayaan Natal 2023 serta Tahun Baru 2024 dapat berlangsung dengan kondusif.

Perayaan Nataru Tahun ini juga bertepatan dengan masa kampanye Pemilu 2024 sehingga memiliki Potensi Kerawanan yang lebih Tinggi. Oleh sebab itu, dalam Rangka pengamanan Nataru, Polri didukung TNI, Pemda, Mitra Kamtibmas Dan Stakeholder terkait menggelar Operasi Kepolisian terpusat dengan Sandi “Operasi Lilin 2023” selama 12 hari, mulai 22 Desember 2023 s.d. 2 Januari 2024.

“Operasi ini melibatkan 129.923 Personil yang terdiri dari Tni-Polri Serta Stakeholder terkait lainnya yang ditempatkan pada 1.668 Pos Pengamanan, 670 Pos Pelayanan, dan 113 Pos Terpadu untuk menjamin keamanan 49.676 objek Pengamanan,” ucap Waka Polres.

Ancaman Terorisme juga menjadi Tantangan yang serius. untuk itu, kedepankan deteksi dini dan Preventive strike untuk mencegah pelaku teror melancarkan aksinya, serta lakikan penjagaan ketat pada pusaf keramaian maupun tempat ibadah agar kita dapt memastikan tidak ada letupan sekecil apapun dalam pelaksanaan ibadah natal ataupun malam pergantian tahun.

Pada pengamanan perayaan Malam Tahun baru, Lakukan Pengamanan pada setiap giat keramaian dengan maksimal, terutama yang melibatkan massa dalam jumlah besar.

Read More

Selain itu, lakukan pengaturan lalu lintas dan pengamanan pada lokasi kegiatan secara humanis serta tingkatkan pengamanan pada lokasi kegiatan secara humanis serta tingkatkan pengawasan distribusi handak komersial maupun petasan agar kegiatan berjalan dengan aman.

Selanjutnya Hal yang paling penting adalah terus tingkatkan sinergitas dan soliditas selama pelaksanaan tugas, karena hal tersebut merupakan kunci utama keberhasilan Operasi.

Usai pelaksanaan Apel Gelar Pasukan, Saat dikonfirmasi Waka Polres menyampaikan bahwa Operasi Lilin Toba 2023 di Polres Tapanuli Tengah yang berlangsung selama 12 hari kedepan melibatkan 151 Personil Polri didukung TNI, Pemkab Tapteng dan Instansi terkait dengan mendirikan 2 Pos Pengamanan , 1 Pos pelayanan dan 1 Pos terpadu di Wilayah Tapanuli Tengah.

‘Semoga perayaan Nataru di Wilayah Polres Tapanuli tengah dapat berlangsung dengan aman, nyaman, lancar dan Kondusif” tutup Waka Polres . (LN)

Related posts