Leliana Harahap Buka MTQ Ke XII Tahun 2024 Tingkat Kecamatan Sihapas Barumun

Leliana Harahap SE.MM Camat Sihapas Barumun membuka Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) tingkat Kecamatan tahun 2024, Rabu (17/1/2024) fhoto : Wahyu P Siregar / Wartamandailing.
Leliana Harahap SE.MM Camat Sihapas Barumun membuka Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) tingkat Kecamatan tahun 2024, Rabu (17/1/2024) fhoto : Wahyu P Siregar / Wartamandailing.

WARTAMANDAILING.COM, Padang Lawas – Leliana Harahap SE.MM Camat Sihapas Barumun membuka Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Kecamatan tahun 2024, Kabupaten Padang Lawas (Palas), Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Rabu (17/01/2024) pagi.

Dalam sambutannya, Camat Sihapas mengatakan, para peserta MTQ diharapkan dapat memaksimalkan potensi prestasi qori dan qoriah untuk menggapai prestasi lebih baik lagi di tingkat yang lebih tinggi,’ucapnya.

“MTQ untuk tahun ini merupakan kegiatan rutin setiap tahun dilaksanakan di seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Padang Lawas dan merupakan agenda nasional yang selalu di laksanakan, “kata Camat Lelliana

Ditambahkannya, Untuk yang juara nantinya, akan kita lakukan pembinaan terhadap peserta guna mempersiapkan ke tingkat MTQ Kabupaten maupun tingkat MTQ Provinsi, “ujarnya.

Acara MTQ ini adalah merupakan suatu antisipasi kita dalam menangkal budaya budaya yang tidak sesuai dengan aqidah islam, juga bertujuan untuk mencerdaskan generasi muda di dalam memilih dan memilah apa yang  ada di media sosial di era globalisasi Digitalisasi saat ini, “ucap Camat.

Ketua MTQ Sihapas Barumun, sekaligus Sekcam, Abdullah Harahap Spd.MM. dalam laporannya mengatakan, pelaksanaan MTQ ini dilaksanakan pada rabu 17-18 januari 2024 di Kecamatan Sihapas dan akan diikuti 282 peserta putra dan putri dari 13 desa se-Kecamatan Sihapas Barumun.

Sementara ketua panitia, sekaligus Sekretaris kecamatan

Read More

Lanjut, kata Sekcam Sihapas, dalam kegiatan MTQ tahun ini ada beberapa cabang perlombaan yang dilaksanakan yakni, Tahtil Qur’an putra/putri, Mujauwwad anak anak putra/putri, Mujauwwad remaja putra/putri. Mujauwwad dewasa putra/putri.

Selain itu, juga diperlombakan, Hifdzil Qur’an 1 juz, 5 juz,10 juz putra /putri, 20 juz, 30 juz juga putra/putri. Khott Al Qur’an naskah putra/putri, Hiasan Mushaf putra/ putri, Dekorasi putra/putri, Kontemporer putra/putri, Fahmil Al Qur’an putra/putri, Sarah Al Quran putra/putra.

“Alhamdulillah untuk tahun ini ada 6 cabang lomba MTQ Ke XII tingkat kecamatan Sihapas Barumun dengan total 282 peserta yang mewakili 13 desanya masing-masing ,” katanya mengakhiri.

Pantauan awak media, dalam pembukaan MTQ tersebut dihadiri kepolisian Polsek Barumun Tengah, Koramil Binanga, ketua MUI, tokoh agama dan tokoh masyarakat, juga para kepala desa se-kecamatan Sihapas Barumun. (Wahyu P Siregar)