Hujan Lebat, Seorang Warga Desa Aek Garingging Hanyut Terbawa Arus Sungai

Warga mengevakuasi korban hanyut di Sungai Aek Sinakakok, Kecamatan lingga Bayu, Jumat (8/3/2024) fhoto : Istimewa.
Warga mengevakuasi korban hanyut di Sungai Aek Sinakakok, Kecamatan lingga Bayu, Jumat (8/3/2024) fhoto : Istimewa.

WARTAMANDAILING.COM, Mandailing Natal – Hujan lebat yang terjadi di Desa Aek Garingging, Kecamatan Lingga Bayu, Kabupaten Mandailing Natal, Kamis (7/3/2024) sore hingga malam, membuat seorang warga hanyut terbawa arus sungai Aek Sinakakok.

Menurut keterangan warga korban pertama kali ditemukan oleh masyarakat bersama Forkopincam Lingga Bayu saat memantau dan mencari keberadaan korban.

“Korban ditemukan Jumat (8/3/2024) sekira pukul 9.00 Wib tersangkut di batang kayu di pinggir sungai Aek Sinakakok, “ujar warga.

Korban yang hanyut terbawa arus sungai Aek Sinakakok diketahui bernama Rahuddin Harahap (80 tahun) warga Desa Aek Garingging, Kecamatan Lingga Bayu, Kabupaten Mandailing Natal.

Diceritakan, Asmar Junaidi warga setempat, korban sebelumnya berangkat dari rumah menuju sungai sekira pukul 22.00 WIB untuk mengikat sampan robin karena debit air sungai makin tinggi.

“Korban diperkirakan terpeleset saat mengikat sampan dan mengakibatkan korban terbawa arus hingga ke hilir sungai Aek sinakakok, “ujar Asmar Junaidi.

Selanjutnya keluarga korban melakukan pengecekan keberadaan korban yang sebelumnya diketahui pergi ke sungai untuk mengecek mesin Robin milik korban. Namun korban tidak ditemukan.

Read More

Seterusnya dilakukan pencarian yang bantu oleh warga, dilokasi robin ditemukan senter kepala dan payung yang di bawa oleh korban, jarak dari rumah ke mesin robin korban kurang lebih 50 meter.

Laporan warga hilang, Kapolsek Lingga Bayu AKP Marlon Rajagukguk beserta personil Polsek Lingga Bayu berangkat menuju TKP sekaligus berkordinasi dengan Forkopimcam untuk bersama-sama turun melakukan Pencarian dan penyisiran pinggiran Sungai Sinakakok.

Forkopimcam dibantu masyarakat mulai melakukan pencarian di letak mesin robin korban dan terus menyisir pinggir sungai sampai ke Muara Pertemuan Sungai Sinakakok Sungai Batang Natal.

“Masyarakat bersama Forkopimcam berhasil menemukan korban tersangkut di Batang Kayu yang berjarak kurang lebih 50 meter dari titik Mesin Robin, “ujar Marlon.

Saat ditemukan korban dikabarkan sudah meninggal Dunia dan seterusnya langsung dievakuasi ke rumah duka di Desa Aek Garingging, Kecamatan Lingga Bayu, Kabupaten Mandailing Natal. (Tim)