Proyek Pipanisasi Dana Desa Tahun 2023 di Desa Runding Belum Selesai Dikerjakan

Proyek pipanisasi sumber Dana Desa Runding Tahun anggaran 2023 belum selesai dikerjakan, fhoto : Ist.
Proyek pipanisasi sumber Dana Desa Runding Tahun anggaran 2023 belum selesai dikerjakan, fhoto : Ist.

WARTAMANDAILING.COM, Mandailing Natal – Proyek fisik bersumber dari Dana Desa tahun anggaran 2023 untuk distribusi air bersih ke pemukim warga Desa Runding, Kecamatan Panyabungan Barat, Kabupaten Mandailing Natal, belum selesai dikerjakan dan tampaknya sia-sia.

Padahal layanan air bersih sangat dibutuhkan warga yang berpenghuni ratusan kepala rumah tangga di Desa Runding itu.

Infrastruktur tersebut dibangun dari sumber Dana Desa tahun anggaran 2022-2023 lalu, menelan biaya sekitar Rp 187 juta rupiah lebih. Anggaran dipakai untuk item pekerjaan pipanisasi dan bak penampung air di beberapa titik.

Pantauan, terlihat pipa besi tampak masih bertumpuk di halaman rumah kepala Desa Runding, padahal ini sudah masuk bulan April tahun 2024 pipa air tersebut belum terpasang sepenuhnya sebagaimana peruntukannya.

Kondisi bangunan berupa bak penampungan air juga terlihat belum terselesaikan, meski sumber anggaran untuk pengerjaan proyek pembangunan pipanisasi ini telah dicairkan dan tahun pelaksanaan telah berakhir.

Kegiatan tersebut seharusnya sudah selesai, sehingga warga bisa menikmati air bersih tersebut, namun hingga kini bangunannya saja tampak belum selesai.

Menurut warga, terkait Dana Desa tahun anggaran 2023 yang bermasalah bukan hanya pipanisasi saja, selain itu, soal dana desa cukup banyak masalahnya di Desa Runding ini.

Read More

“Bukan pipanisasi saja yang bermasalah, masih banyak masalah lain terkait Dana Desa ini, Gok ison masalah, inda um i sajo gok dope Mandailing-red, “ujar warga lewat sambungan telepon, Senin (15/4/2024)

Terpisah, salah satu anggota DPD Desa Runding yang dikonfirmasi awak media lewat telepon selulernya membenarkan bahwa pembangunan pipanisasi itu belum selesai dikerjakan, padahal proyek itu anggaran Dana Desa tahun 2023.

“Benar, proyek itu belum selesai dikerjakan, namun yang lebih jelasnya bapak konfirmasi saja yang bersangkutan, “tulisnya.

Selain itu, ketika ditanya bukankah bapak sebagai BPD Desa merupakan bagian dari pengawas Dana Desa?.

“Iya betul kami sebagai BPD, tapi kami semua hanya sekedar nama dan jabatan doank, apapun kegiatan di Desa kami anggota BPD sama sekali tidak tau menahu, “tutupnya.

Kepala Desa Runding telah diupayakan dikonfirmasi awak media lewat telepon selulernya, namun Kades tidak memberikan tanggapan apapun hingga berita ini diterbitkan. (Has)