(Foto: Dok. Istimewa)

WARTAMANDAILING.COM, Padang Lawas Utara – Dinas Kesehatan Kabupaten Padang Lawas Utara bekerja sama dengan Rumah Sakit Khusus Bedah Accuplast melakukan kegiatan Bakti Sosial Operasi Gratis Sumbing Bibir & Langit-langit di RSUD Gunung Tua, Jumat (21/2/2020).

Kegiatan Bakti Sosial ini dilaksanakan selama dua hari dari tanggal 21 sampai dengan 22 Februari 2020, ada 19 orang yang mendaftar untuk operasi pada kegiatan ini, namun hanya 11 orang yang datang untuk di operasi, 8 orang lagi tidak datang mungkin dikarenakan ketakutan terhadap proses operasi.

“padahal dokter yang melakukan operasi adalah dokter yang sudah berpengalaman,” jelas dr. Rika mewakili Dinas Kesehatan.

“Operasi gratis ini sudah tiga kali dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Padang Lawas Utara dan Rumah Sakit Khusus Bedah Accuplast,” ujar dr. Edi saat Live Streaming yang dilaksanakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Padang Lawas Utara.

dr. Edi juga menjelaskan umur yang baik untuk melakukan operasi adalah dari umur 3 bulan sampai dengan 17 tahun, dan operasi sumbing bibir ini hampir sama kayak sunat, kerena setelah operasi lusanya sudah bisa beraktivitas.

“Yang penting jangan beraktivitas berat agar jahitannya tidak jatuh,” jelas Edi.

Merry Handayani, salah satu orangtua anak yang dioperasi mengucapkan terimakasih dengan adanya program operasi gratis ini.

“Saya merasa terbantu karena tidak dikenakan biaya sepersenpun, dan sudah kedua kali mengikuti operasi sumbing bibir & langit-langit,” ucapnya.

Dalam kegiatan itu terlihat hadir Sekretaris Daerah Kabupaten Padang Lawas Utara, H. Burhan Harahap SH sekaligus meninjau pelaksanaan kegiatan Bakti Sosial Operasi Gratis Sumbing Bibir & Langit-langit yang diselenggarakan atas kerjasama Dinas Kesehatan Kabupaten Padang Lawas Utara bersama Rumah Sakit Khusus Bedah Accuplast.

Sekretaris Daerah yang datang sendiri langsung disambut oleh dokter yang berjaga, Ia kemudian memasuki ruang operasi untuk melihat proses operasi dan berbincang-bincang dengan dokter yang baru selesai melakukan operasi pada pasien.

H. Burhan Harahap, SH mengatakan sangat berterimakasih kepada tim dokter yang datang dari medan dan melaksanakan kegiatan untuk masyarakat Padang Lawas Utara.

“Saya juga berharap anak-anak yang dioperasi sehat wal afiat, dan kedepannya ada lagi kegiatan seperti ini yang lebih besar, kepada masyarakat kiranya tidak ada rasa takut dan khawatir, karena kegiatan ini dilakukan oleh tim ahli yang sudah betul-betul membidanginya,” tutup Sekda Burhan.(wm/r)