Sensus Penduduk Online Lebihi Target, Pemkab Tapsel Terima Dua Penghargaan sekaligus

(Foto: Dokumentasi Humas Pemkab Tapsel)

WARTAMANDAILING.COM, Tapanuli Selatan – Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan (Pemkab Tapsel) menerima dua penghargaan Sensus Penduduk Online (SPO) tahun 2020, dari Badan Pusat Statistik (BPS) Republik Indonesia dan Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi.

Seperti yang dikatakan, Kepala BPS RI dan Gubernur Sumut saat menyerahkan penghargaan tingkat nasional dan tingkat provinsi melalui Kepala BPS Tapanuli Selatan, Endra. SE kepada Bupati Tapanuli Selatan, Syahrul M. Pasaribu. SH, mengungkapkan, Berdasarkan pemantauan BPS, daerah Kabupaten Tapsel berhak menerima penghargaan karena pencapaian response rate SPO 2020 Tapsel melebihi target.

“SPO 2020 adalah sensus secara mandiri yang dilakukan penduduk dengan menggunakan android. Pemkab Tapsel termasuk dalam 14 dari 33 kabupaten dan kota se Sumatera Utara yang menerima penghargaan dari BPS RI,” tuturnya, Jumat (28/8/2020).

Bahkan dikatakannya, tingginya pencapaian rate SPO 2020 di Tapsel tentu tidak terlepas dari besarnya dukungan pemerintah daerah kepada BPS. Maka ini pulalah yang dilihat oleh Gubsu dan kemudian memberikan penghargaan kepada Pemkab Tapsel.

Penghargaan yang diterima Pemkab Tapsel merupakan suatu simbol keberhasilan dalam pelaksanaan SPO 2020. BPS Tapsel dibantu oleh Pemkab Tapsel bisa mencapai target di atas 100 persen.

“Terima kasih atas dukungan Pemkab Tapsel, dan kami tetap berharap kepada masyarakat agar tetap berpartisipasi aktif mengisi lembaran Sensus Penduduk yang diberikan ke rumah-rumah, mulai dari tanggal 1 sampai 30 September 2020,” harapnya.

Atas penghargaan yang telah diterimannya, Bupati Tapsel Syahrul M. Pasaribu merasa bersyukur atas perolehan dua penghargaan sekaligus tersebut. Bahkan hal itu menurutnya merupakan suatu simbol keberhasilan atas upaya dan kerja keras yang dilakukan dalam rangka mensukseskan SPO 2020 selama ini.

Read More

“Apa yang kita peroleh ini merupakan bagian keberhasilan kerjasama segenap perangkat daerah. Mulai dari tingkat kabupaten, kecamatan, kelurahan, desa, hingga dusun dan kampung se wilayah Tapsel,” terang Syahrul.

Selain kepada BPS dan Gubsu, Syahrul juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat Tapsel. Karena telah berpartisipasi aktif mendukung pelaksnaan SPO 2020 dengan memberikan jawaban yang benar dan jujur.

“SPO 2020 bukan tanggungjawab BPS dan pemerintah daerah saja, tetapi semua pihak. Karena itulah kita melibatkan seluruh stake holder berperan aktif mensukseskan program pendataan penduduk ini,” katanya.

Pada kesempatan tersebut, Syahrul juga menyatakan kesiapannya untuk melibatkan seluruh stake holder mensukseskan tahapan Sensus Penduduk berikutnya, yang digelar mulai dari tanggal 1 sampai 30 September 2020 mendatang nanti.(yus/r).

Related posts