Ketua GAMKI Padangsidimpuan: “Memilih Ketua DPD GAMKI Sumut Sesuai AD/ART”

Ketua DPC GAMKI Kota Padangsidimpuan, Bonardo AP. Marpaung, SE salam komando dengan Sekretaris DPC GAMKI, Charles Kulon Panjaitan (Foto: Istimewa)

WARTAMANDAILING.COM, Padangsidimpuan – Berdasarkan hasil Rapat Sidang Pleno II, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) Kota Padangsidimpuan, sepakat dan memutuskan mengusung salah seorang Kader GAMKI yakni Riko Marpaung, ST, MM untuk maju sebagai Bakal Calon Ketua DPD GAMKI Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Hal itu disampaikan oleh Ketua DPC GAMKI Kota Padangsidimpuan, Bonardo AP. Marpaung, SE  didampingi Sekretaris DPC GAMKI, Charles Kulon Panjaitan beserta pengurus lainnya di JJ Hall, Sitamiang, Kota Padangsidimpuan pada hari Minggu, 22 Agustus 2021.

“Mekanisme pengambilan keputusan melalui sidang pleno ini adalah bagian dari prosedural organisasi sekaligus memberikan pemahaman berorganisasi bagi kader-kader GAMKI Padangsidimpuan yang saat ini menjadi DPC GAMKI,” papar Bonardo.

Dalam rilis yang diterima Warta Mandailing, Minggu (29/8/2021), Bonardo menyampaikan, bahwa untuk menentukan seseorang menjadi Ketua GAMKI, tetap harus dilandaskan dengan aturan main yang ada yakni pada Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD dan ART) GAMKI.

“Sebagai Angkatan Muda kita tentu dibatasi dengan umur di organisasi ini, dan sudah jelas diatur pada Anggaran Rumah Tangga GAMKI Bab II Tentang Keanggotaan pasal 3 bahwa pengertian Pemuda adalah mereka yang berusia 17 hingga 40 tahun,” ungkap Bonardo.

Kemudian, lanjut Bonardo, adalah proses pengkaderan yang dilalui. Setiap kader GAMKI yang berkeinginan ikut dalam kontestasi pemilihan ketua harus dipastikan melewati proses pengkaderan yang ada, mulai dari DPC, DPD serta kepanitian-kepanitiaan yang dibentuk.

“Dan hal tersebut jelas dan tegas telah diatur dalam ART GAMKI Bab III Tentang Hak dan Kewajiban Anggota pasal 7 poin 2 huruf d, bahwa untuk dapat dipilih dan ditetapkan dalam jabatan organisasi harus telah menjadi anggota sekurang-kurangnya 4 tahun terakhir secara terus-menerus,” sambungnya.

Read More

“Menjadi anggota kader tingkat daerah dan atau telah pernah menjadi pengurus cabang serta berdomisili di wilayah daerah yang bersangkutan agar dapat dipilih dan ditetapkan menjadi pengurus daerah. Memilih dan menetapkan seorang calon tentu memperhatikan domisili yang bersangkutan,” papar Bonardo.

Menurutnya Bonardo, memilih Ketua GAMKI Sumut dengan domisili di Ibukota Provinsi, tentu menjadi salah satu pilihan yang logis dan realistis untuk efektivitas dan efisiensi suatu organisasi.

“Dengan mempertimbangkan aspek aturan dan realitas organisasi, maka DPC GAMKI Kota Padangsidimpuan memberikan kepercayaan kepada Riko Marpaung, ST untuk ikut dalam kontestasi pemilihan sebagai ketua DPD GAMKI Sumut,” ujarnya lagi.

Bonardo menceritakan, Riko Marpaung adalah kader GAMKI berusia 38 tahun yang sebelumnya pernah menjabat sebagai Bendahara DPD GAMKI Sumut masa bakti 2016-2019. Riko telah menunjukkan kapasitas dan kapabilitas sebagai kader yang melayani serta beberapa kali telah memimpin persidangan Konpercab DPC GAMKI.

“Bahkan Riko pernah sebagai ketua karateker GAMKI Kabupaten Padanglawas, ia telah berhasil memimpin dan membentuk serta melantik kepengurusan GAMKI Padanglawas pada tahun 2020 yang lalu,” pungkasnya.

Selanjutnya, pada rapat pleno II DPC GAMKI Kota Padangsidimpuan dengan menerapkan Protokol Kesehatan itu, Bonardo mengajak seluruh anggota GAMKI, DPC GAMKI Kabupaten/Kota se- Sumut dan senioren GAMKI Sumut untuk mendoakan serta mendukung Riko Marpaung, ST, MM untuk menjadi Ketua DPD GAMKI Provinsi Sumut.

Pelatihan Kepemimpinan GAMKI dan Pemuda Gereja Kota Padangsidimpuan

Pada saat yang bersamaan, Ketua DPC GAMKI Kota Padangsidimpuan, Bonardo, AP. Marpaung, SE juga melantik Panitia Pelatihan Kepemimpinan GAMKI dan Pemuda Gereja Kota Padangsidimpuan tahun 2021, yang diketuai Edi Efron SIhombing, Wakil Ketua Arthur Lubis, sekretaris Monalisa Pasaribu, wakil sekretaris Agrifa Siregar dan Bendahara Tia Santa Eclesia Siregar.

Informasi yang dihimpun, pelatihan kepemimpinan itu akan dilaksanakan pada September 2021 dengan diikuti oleh ketua-ketua Pemuda Gereja yang ada di kota Padangsidimpuan.

“Sebagai terminal kader, menjadi tugas dan tanggung jawab GAMKI untuk menciptakan pemimpin dan penggerak di tengah komunitas pemuda Kristen di Kota Padangsidimpuan, yang tentunya menjadi mitra dan bersinergi dengan unsur gereja dan pemerintah,” papar Bonardo AP Marpaung.

Selanjutnya juga diadakan pembubaran Panitia Dies Natalis GAMKI Tahun 2021 yang dirangkai dengan Diskusi Kebangsaan Pemuda dan Pelantikan PAC se Kota Padangsidipuan yang diadakan pada tanggal 02 Mei 2021 yang lalu. Panitia yang dibubarkan tersebut adalah Ketua Andy Martopani Sirait, Sekretaris Agrifa Siregar dan Bendahara Tia Santa Eclesia Siregar. (Nas/r)

Related posts