Kwarnas Anugerahkan Walikota Padangsidimpuan Lencana Darma Bakti

Kwarnas Gerakan Pramuka Anugerahkan Walikota Padangsidimpuan Penghargaan dan Lencana Darma Bakti (Foto: Prokopim Padangsidimpuan)

WARTAMANDAILING.COM, Padangsidimpuan – Walikota Padangsidimpuan, Irsan Efendi Nasution, SH selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Kota Padangsidimpuan dianugerahi penghargaan Lencana Darma Bakti oleh Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka.

Lencana yang sama juga dianugerahkan kepada Dra. Siswanti yang merupakan Bendahara Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Padangsidimpuan. Selain itu, Kwarnas Gerakan Pramuka juga menganugerahkan Lencana Pancawarsa kepada enam pengurus Pramuka di Kota Padangsidimpuan.

Penerima Lencana Pancawarsa tersebut diantaranya, Arif Nugraha HR, SE, Sorimuda Hutabarat, S.Pd, Jumadi, Rubiyah Batubara, S.Pd, M.Pd, Nurhasanah, S.Pd dan Mulkeis, MA.

Penyerahan Penghargaan dan penyematan Lencana tersebut dilaksanakan oleh Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Padangsidimpuan, Islahuddin Nasution, S.Sos mewakili Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Komjen Pol (Purn) Drs. Budi Waseso yang digelar di Aula Utama Kantor Walikota pada Kamis (23/9/2021).

Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Padangsidimpuan, Islahuddin Nasution, S.Sos yang juga merupakan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Padangsidimpuan mengatakan, pemberian dua jenis penghargaan dan lencana itu ditujukan kepada pengurus yang menurut Kwarnas Gerakan Pramuka setia kepada organisasi serta aktif pada kegiatan pemuda khususnya kegiatan Pramuka.

“Berhubung pandemi covid-19, saya mewakili Bapak Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Drs. Budi Waseso untuk menyerahkan penghargaan dan lencana ini kepada pengurus Pramuka termasuk kepada Bapak Walikota selaku Ketua Mabicab Gerakan Pramuka Kota Padangsidimpuan,” kata Islahuddin kepada wartawan.

Menurut Kwarnas, bagi yang menerima penghargaan dan lencana tersebut adalah tanda penghargaan kepada seseorang yang telah menyumbangkan baik tenaga, pikiran, milik, dana dan fasilitas yang cukup besar, dan sangat membantu atas kelancaran kegiatan pembinaan dan pengembangan Gerakan Pramuka.

Read More

“Dan juga sebagai penghargaan atas kesetiaannya kepada organisasi dan keaktifannya melakukan kegiatan Gerakan Pramuka selama lima tahun atau kelipatannya secara terus-menerus,” papar Islahuddin menyampaikan kata sambutan Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka.

Islahuddin juga menuturkan, setelah terbentuknya susunan pengurus Kwarcab Gerakan Pramuka kota Padangsidimpuan yang baru, selain penganugerahan penghargaan dan lencana adalah sekaligus melakukan audiensi kepada Walikota Padangsidimpuan.

“Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Padangsidimpuan sekaligus melakukan audiensi ke pak Walikota dalam rangka menyampaikan ide dan melaporkan berbagai rangkaian kegiatan yang sudah dilakukan maupun yang akan dilakukan termasuk dalam penanganan covid-19 ini,” ungkapnya.

Islahuddin merincikan, Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Padangsidimpuan telah melaksanakan berbagai rangkaian kegiatan positif dan sosial berupa, ikut serta dalam kegiatan survey bumi perkemahan dan kegiatan bakti masyarakat dengan membagi 5000 masker serta mengikuti upacara HUT Pramuka yang dilaksanakan Kwarda Sumut secara virtual.

“Kemudian mengikuti Rakor Dewan Kerja Pramuka penegak padega serta melakukan musyawarah ranting pembentukan pengurus Kwartir Ranting baru pada 6 Kecamatan yang ada di Kota Padangsidimpuan,” kata Islahuddin sembari menyebut, Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Padangsidimpuan berkantor di Jalan Raja Junjungan Lubis (eks Jalan Kenanga) Nomor 64, Kelurahan Ujung Padang meskipun masih sewa.

Walikota Padangsidimpuan, Irsan Efendi Nasution, SH yang merupakan Ketua Mabicab Gerakan Pramuka Kota Padangsidimpuan usai menerima penghargaan, mengungkapkan rasa terima kasih kepada segenap pengurus dan anggota Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Padangsidimpuan.

“Penghargaan dan Lencana Darma Bakti ini bagi saya menjadi tanggung jawab agar lebih bekerja keras lagi memberikan pikiran-pikiran terbaik untuk kemajuan Gerakan Pramuka Kota Padangsidimpuan di masa-masa yang akan datang,” ucap Irsan.

Irsan berharap agar Gerakan Pramuka tetap bersinergi dengan Pemerintah Kota Padangsidimpuan demi memberikan manfaat nyata ditengah masyarakat. Ia berkomitmen akan dan selalu mendukung kegiatan Pramuka di Kota Padangsidimpuan. (Nas)

Related posts