Wakil Bupati Mandailing Natal, Atika Azmi Utammi Nasution, B.App, Fin., M.Fin (foto: Pemkab Madina)

WARTAMANDAILING.COM, Mandailing Natal – Wakil Bupati Mandailing Natal, Atika Azmi Utammi Nasution, B.App, Fin., M.Fin membuka secara resmi sosialisasi dan pemberdayaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kabupaten Mandailing Natal (Madina) tahun 2021 yang dilaksanakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Sumatera Utara di Aula Dinas Pendidikan, Kamis (14/10/2021).

Pelaksanakan kegiatan tersebut bertujuan untuk mendorong setiap kecamatan yang ada di Kabupaten Madina agar segera membentuk wadah komunitas KIM yang menghadirkan tiga narasumber yakni, Plt. Kepala Diskominfo Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Abdul Aziz Batubara, S.Sos., M.AP, Kepala Seksi (Kasi) Kemitraan Komunikasi Publik Diskominfo Provinsi Sumut, Rahmad Saleh Daulay, SE., M.AP dan Kasi Tata Kelola eGovernment Diskominfo Kabupaten Madina, Zulkifli, S.Kom., M.Kom.

Plt. Kepala Diskominfo Provinsi Sumut, Abdul Aziz Batubara dalam sambutannya menyatakan akan mendukung sepenuhnya pembentukan KIM di Kabupaten Madina. Sebab, menurutnya melalui KIM, akan terjadi proses peningkatan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya informasi serta peningkatan akses dan pendayagunaan informasi.

“Saya selaku putra asli Barbaran, Panyabungan Barat, akan mendukung sepenuhnya pembentukan KIM di Kabupaten Madina,” ucap Abdul Aziz di hadapan Wakil Bupati (Wabup) Madina dan seluruh peserta sosialisasi tersebut.

Ia berharap disetiap kecamatan terbentuk minimal satu KIM, sehingga nantinya KIM di Kabupaten Madina mampu memberikan kontribusi informasi yang sehat bagi masyarakat dan pemerintah.

Sementara, Wabup Madina, Atika Azmi Utammi sangat mengapresiasi pelaksanaan kegiatan sosisaliasi itu. Ia mengucapkan terima kasih kepada Dinas Kominfo Provinsi Sumut yang telah menyelenggarakan kegiatan tersebut di Kabupaten Madina.

“Kebetulan Kepala Dinas (Kadis) nya sekarang adalah putra asli Mandailing Natal, untuk itu saya berharap dan meminta agar Kabupaten Madina ini sama-sama kita majukan,” ujar Atika Azmi dengan disambut tepukan riuh dari peserta sosialisasi yang hadir.

Dijelaskan Atika, KIM berfungsi sebagai penghubung dalam proses diseminasi dan aspirasi baik antara pemerintah dengan masyarakat maupun antar masyarakat. Keberadaan KIM sangat strategis untuk membantu pengelolaan informasi di masyarakat dalam mendukung pembangunan daerah.

“Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Madina sangat mendukung dan berupaya menguatkan keberadaan KIM ini,” pungkas Atika Azmi mengakhiri.

Kegiatan tersebut turut hadir, Kepala Diskominfo Kabupaten Madina, Drs. M. Sahnan Pasaribu, MM, kemudian Kepala Bagian (Kabag) Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setdakab Madina, Wildan Nasution, S.Sos serta Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfo Kabupaten Madina, Sobaruddin Nasution, S.Sos. (r)