Bupati Madina Buka Pekan Raya Durian dan Produk Unggulan Desa se Kecamatan Tambangan

  • Bagikan
Bupati Madina, H. M. Ja'far Sukhairi Nasution membuka Pekan Raya Durian dan Produk Unggulan Desa di Kecamatan Tambangan (foto: Syahren)

WARTAMANDAILING.COM, Mandailing Natal – Bupati Mandailing Natal (Madina), H. M. Ja’far Sukhairi Nasution membuka Pekan Raya Durian dan Produk Unggulan Desa se Kecamatan Tambangan, Kabupaten Madina, bertempat di halaman SMP Negeri 1 Desa Laru Baringin.

Pembukaan Pekan Raya tersebut digelar, Sabtu (12/2/2022) turut dihadiri Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK), Nyonya Hj Ely Mahrani Ja’far Sukhairi Nasution dan tampak hadir Kapolres Madina, AKBP H. Muhammad Reza Chairul Akbar Sidiq, SIK, SH, MH bersama Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Madina, Taufiq Djalal SH MH serta para OPD dan undangan lainnya.

Ketua Panitia, Ali Musa (Manto) menuturkan
Pekan Raya Durian ini adalah produk unggulan para petani dari berbagai Desa di Kecamatan Tambangan yang berlangsung selama dua hari (sabtu-minggu) dengan diikuti 19 desa dan satu kelurahan.

“Pesertanya 19 desa 1 kelurahan, Puskesmas tambangan, Pln rayon kotanopan dan peserta dari Pihak TNBG,” katanya.

Selain durian, jelasnya lagi, daerah kecamatan Tambangan juga terkenal dengan luasnya kebun manggis yang tersebar di setiap sudut desa di wilayah ini.

Dikatakan, durian dan manggis produk yang dimiliki warga sudah lama menjadi tumpuan sumber pendapatan masyarakat desa yang berada di kecamatan Tambangan.

“Pencanaganan durian dan manggis sebagai produk unggulan kawasan perdesaan ini adalah langkah awal daripada kegiatan Pekan Raya Durian ini,” tutupnya.

Pada kesempatan itu, selain apresiasi, Bupati Sukhairi juga mengucapkan terima kasih kepada panitia kegiatan atas terlaksananya Pekan Raya Durian tersebut.

“Memang tanah Madina begitu subur, hal ini terbukti ketika kita menanam durian dengan bibit yang sama rasanya pasti beda dengan di daerah lain,” tutur Bupati.

Sukhairi mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Madina akan terus berupaya untuk mengembangkan sektor pertanian, salah satunya produk lokal yang ada di daerah tersebut.

“Bibit durian lokal unggulan ini nantinya akan kita ambil sampel dan kita kembangkan di wilayah kita,” pungkas Bupati.

Usai memberikan paparan, Bupati didampingi Ketua TP-PKK bersama rombongan lainnya mengunjungi pos pameran satu persatu sembari mencicipi rasa manisnya durian lokal produk unggulan setiap Stan peserta. (Syahren)

  • Bagikan