Menu
Warta Mandailing

BUPATI Padang Lawas Pimpin Rapat Percepatan Pencapaian Vaksinasi Dosis I, II dan Booster

  • Bagikan
BUPATI Padang Lawas Pimpin Rapat Percepatan Pencapaian Vaksinasi Dosis I, II dan Booster di ruang rapat kantor Inspektorat (Istimewa)

WARTAMANDAILING.COM, Padang Lawas – Plt Bupati Padang Lawas (Palas) drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu, CHt, MM, M.Si meminpin rapat percepatan pencapaian vaksinasi dosis I, II dan III (Booster) di ruang rapat Inspektorat Kabupaten Palas, Selasa (15/3/2022).

Plt Bupati, Zarnawi menyampaikan, vaksinasi merupakan kebijakan pemerintah pusat yang bertujuan untuk menjamin kesehatan segenap warga negaranya dan juga merupakan strategi pemerintah untuk melindungi warga negara dari penyebaran dan penularan covid-19.

Zarnawi memaparkan, Aparatur Sipil Negara (ASN) adalah abdi negara dan abdi masyarakat. Fungsi ASN berdasarkan Undang Undang Nomor 5 tahun 2014 tentang ASN adalah pelaksana kebijakan publik.

“Setiap ASN berkewajiban mendukung dan melaksanakan setiap kebijakan yang dikeluarkan pemerintah termasuk vaksinasi,” ujarnya.

Setiap ASN, lanjut Zarnawi, juga berkewajiban mendorong dan membantu pemerintah dalam percepatan capaian vaksinasi. Sebab itu, ASN harus mampu mengedukasi masyarakat bahwa vaksin itu penting.

“Efikasi Vaksin telah diakui oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO), BPOM telah menjamin vaksin yang digunakan aman, berkhasiat dan bermutu serta halal berdasarakan fatwa MUI,” sambungnya lagi.

Menurutnya, ASN harus berdiri di garis terdepan dalam menepis dan menghentikan isu-isu miring terkait dampak negatif pasca vaksinasi.

“Kalau bukan kita yang memulai, lalu siapa lagi? Kalau bukan kita yang percaya, lalu siapa lagi?” seru Plt Bupati dihadapan seluruh undangan rapat.

Untuk itu, katanya lagi, mulai dan terus edukasi diri sendiri, keluarga dan lingkungan sekitar bahwa vaksinasi itu penting untuk membentuk kekebalan kelompok herd immunity.

“Semakin banyak yang tervaksin maka mutasi penyebaran dan penularan COVID-19 semakin rendah,” tandasnya.

Kepada seluruh Pimpinan OPD, Camat dan Kepala Desa serta Kepala Sekolah, Zarnawi mengajak agar bersatu menjadi contoh dan teladan dalam melaksanakan penerapan protokol kesehatan yang baik dan benar serta pelopor vaksinasi covid-19.

“Ini menjadi tugas kita bersama dan agar menjadi perhatian yang lebih serius untuk menjalankan strategi kebijakan pencapaian vaksinasi di wilayah Kabupaten Palas,” tegasnya.

“Kita semua bersama TNI/POLRI harus bergotong royong, bekerja sama serta terlibat aktif dalam pencapaian target vaksinasi, sehingga penanggulangan COVID-19 khususnya Kabupaten Padang Lawas dapat di tekan,” kata Plt Bupati.

Dikatakannya, bertepatan dengan kunjungan Kapolda Sumatera Utara (Kapoldasu) ke Kabupaten Palas pasa tanggal 24 Maret 2022, Pemerintah Kabupaten Palas berencana akan menggelar kembali Gebyar Vaksinasi Serentak COVID-19 sebagai salah satu strategi percepatan pencapaian vaksinasi covid-19.

“Untuk itu saya mengajak kita semua untuk mendukung dengan mensosialisasikan dan mengajak masyarakat mengikuti gebyar vaksinasi,” pungkasnya.

Turut hadir mendampingi Plt Bupati pada rapat tersebut diantaranya, Sekdakab, Asisten I, Inspektur, seluruh Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat, Kepala Desa, Kepala Sekolah se Kabupaten Padang Lawas. (MEP)

  • Bagikan