Sekaligus Kunker, Gubsu Edy Rahmayadi Resmikan Kantor Bupati Palas

WARTAMANDAILING.COM, Padanglawas – Dalam rangka Kunjungan Kerja (Kunker), Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Letjend. TNI (Purn) Edy Ramahyadi sekaligus meresmikan Kantor Bupati Padanglawas (Palas) di Komplek Perkantoran SKPD Terpadu Sigalagala Sibuhuan, Kecamatan Barumun, Rabu (30/8/2023).

Peresmian kantor bupati Palas itu ditandai dengan penandatanganan prasasti dan gunting pita oleh Gubsu Edy didampingi Plt Bupati Palas drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu, C,HT MM. MSi M.H beserta Muspida plus.

Selain Forkopimda kabupaten Palas, peresmian kantor tersebut turut dihadiri tokoh adat, tokoh agama dan tokoh masyarakat, para pelajar serta masyarakat.

Dalam sambutannya, Gubernur Edy menuturkan rasa keprihatinan kondisi jalan menuju Palas akibat banyaknya badan jalan yang rusak. Menurutnya, maju mundurnya pembangunan di daerah itu ada di tangan pemimpinnya.

“Jadi kita harus siap jadi pemimpin untuk memajukan daerah kita masing masing,” ujar Edy.

Begitu juga dengan harga harga bahan pokok/ dapur (sembako) sangat meroket di daerah Palas seperti cabe, bawang dan sebagainya, jadi untuk mengurangi pengeluaran perlu diberdayakan alam disekitarnya.

“Artinya, untuk memberdayakan alam / lahan lahan yang kosong disekitar kita,” tambahnya.

Read More

Pada kesempatan itu, Gubernur juga mengajak masyarakat untuk membudidayakan berbagai jenis ternak, seperti ternak ayam, kambing, sapi, dan perikanan sehingga tidak lagi semuanya itu tidak lagi datangnya dari luar.

“Jadi Bupati harus berani memberikan terobosan sehingga rakyatnya tidak miskin. 78 tahun RI negara kita ini merdeka sudah seharusnya rakyatnya sejahtera,” jelas Gubsu.

“Negara yang lain yang jauh di bawah kita merdeka mengapa bisa maju, ini semuanya ada di tangan pemimpinnya. Negara kita atau daerah kita masih miskin, berarti ada yang salah yaitu para pemimpinya. Untuk itu mari kita para pemimpin bergandeng tangan dan bersikap jujur untuk membangun daerah kita, negara kita agar mengalami hal yang baik,” pungkasnya.

Masa jabatan yang hampir habis, Edy Rahmayadi juga mengungkapkan permohonan maaf kepada masyarakat atas kata maupun sikap yang salah selama menjabat sebagai Gubernur.

Sebelumya, Plt Bupati Padanglawas Ahmad Zarnawi Pasaribu menyampaikan anggaran APBD kabupaten Palas sebesar, Rp203 miliar untuk pembangunan jalan dan jembatan yakni 52 persen serapan APBD. Pembangunan ruas jalan sepanjang 32,4 Km jalan tersebut sudah dinikmati masyarakat. Kemudian, sebanyak Rp 8 miliar bantuan dari Provinsi juga untuk pembangunan jalan.

“Kami masyarakat Padang lawas mengucapkan terima kasih kepada bapak Gubsu Edy Rahmayadi atas pembangunan jalan lintas Provinsi di Kabupaten Palas sepanjang 32,4 Km dan bantuan keuangan provinsi bersifat khusus kepada Kabupaten Palas sebesar Rp 8,1 miliar,” ucap Zarnawi.

Dijelaskannya, pembangunan kantor Bupati Palas ini dilaksanakan oleh PT Ridho Anugrah yang diawasi konsultan Supervisi PT Bina Mitra Artami dan sumber dana pembangunan kantor Bupati ini yakni dari alokasi dana umum (DAU) Kabupaten Palas dengan total anggaran Rp 34.824.228.000.

“Saya berharap dengan diresmikannya kantor Bupati Palas baru ini dapat dijaga dengan baik sehingga fasilitas yang telah dibangun dengan kerja keras ini dapat bertahan lama. Dan kepada seluruh ASN Kabupaten Palas harus dapat menunjukkan kinerja dalam memberikan pelayanan terbaik ke masyarakat,” pintanya. (Rin)

Related posts