Rahmat Rayyan Nasution Jemput Aspirasi Warga Desa Usor Tolang

Anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara dari Fraksi Partai Gerindra Rahmat Rayyan Nasution, menggelar reses di Desa Usor Tolang. fhoto : M Lubis.
Anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara dari Fraksi Partai Gerindra Rahmat Rayyan Nasution, menggelar reses di Desa Usor Tolang. fhoto : M Lubis.

WARTAMANDAILING.COM, Mandailing Natal – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Utara dari Fraksi Partai Gerindra Rahmat Rayyan Nasution, menggelar reses dan silaturrahmi dengan warga di daerah pemilihannya, Desa Usor Tolang, Kecamatan Kotanopan, Kabupaten Mandailing Natal, Jemput Aspirasi itu dipusatkan dihalaman bolak Desa Usor Tolang, Kecamatan Kotanopan, Kabupaten Mandailing Natal, Rabu (8/3/2023).

Kegiatan jemput aspirasi itu dalam rangka tugas dan tanggung jawab anggota DPRD asal Sumut –VII atau Tabagsel (Tapsel, Padangsidimpuan, Padang Lawas Utara, Padang Lawas dan Mandailing Natal) itu mendapat sambutan antusias dari berbagai elemen masyarakat. Warga cukup terbuka, ini menandakan bahwa masyarakat di wilayah itu sudah mempunyai rasa kepentingan serta kepedulian untuk memajukan desanya.

Tampak hadir Sekretaris Desa Usor Tolang Syahrin Matondang,jajaran BPD M. Hanafi Nasution, tokoh masyarakat Harun Al-Rasyid, tokoh agama Zulhan Matondang, tokoh pemuda Marzuki, barisan kaum ibu dan ratusan warga lainnya.

Rahmat Rayyan selaku putra asli Kotanopan Mandailing Julu menyampaikan, kegiatan reses dan silaturrahmi merupakan tugas dan tanggung jawab anggota DPRD untuk bisa lebih mendekatkan diri dengan masyarakat sekaligus melihat, mendengar serta menyerap aspirasi masyarakat/ konstituennya di masing-masing daerah pemilihan (Dapil).

Selain melaksanakan tugas dan fungsi kedewanan, kegiatan reses juga untuk mendukung dan mengoptimalkan kinerja DPRD Sumut. Anggota dewan dapat mengetahui lebih jauh kondisi masyarakat, sehingga dapat mengoptimalkan berbagai program pembangunan diberbagai wilayah di Mandailing Natal.

“Alhamdulilah..dalam reses ini bisa bersilaturrahmi dan tatap muka bersama warga. Juga dapat menjemput dan menyerap aspirasi serta bisa lebih mendekatkan kami sebagai wakil rakyat dengan masyarakat sebagai kontituen yang sudah memilih kami.”ucapnya.

Untuk itu, politisi partai Gerindra itu berharap agar kegiatan reses dan silaturrahmi tersebut bisa menjadi forum dialog yang penting dan strategis antara anggota dewan dan masyarakat.

Read More

“Mari momen reses kami ini kita manfaatkan secara maksimal. Artinya, aspirasi masyarakat terserap dan kiranya dalam diimplementasikan sehingga dapat dirasakan masyarakat secara langsung untuk peningkatan taraf hidup masyarakat serta kemajuan Desa Usor Tolang ini.”ujarnya.

Sementara Sekdes Usor Tolang Syahrin Matondang dan perwakilan BPD M. Hanafi Nasution mengucapkan terima kasih kepada Rahmat Rayyan Nasution selaku anggota DPRD Sumut yang telah berkenan melakukan reses maupun silaturrahmi di desa itu.

Syahrin pun mengajak masyarakat untuk secara bersama-sama menjadikan momen reses anggota DPRD Sumut itu dalam menyampaikan aspirasi dan keluhan berkembang ditengah-tengah masyarakat.

“Mari momen reses anggota DPRD Sumut ini dapat kita manfaatkan secara maksimal untuk menambah penguatan silaturrahmi dengan anggota dewan sekaligus menyampaikan berbagai aspirasi berkembang di masyarakat. Apapun yang menjadi aspirasi masyarakat, kiranya dapat ditindak lanjuti dengan baik dan benar sesuai peraturan berlaku.”sebut Syahrin Matondang.

Hasil pengamatan, dalam reses itu warga menyampaikan berbagai aspirasi maupun keluhan yang tentunya perlu mendapatkan perhatian pemerintah propinsi maupun kabupaten. Aspirasi tentunya akan menjadi catatan bagi anggota DPRD Sumut untuk dapat diimplementasikan demi peningkatan kesejahteraan, perekonomian dan kemajuan masyarakat di daerah tersebut.

Setidaknya ada enam keluhan maupun aspirasi yang disampaikan warga kepada Rahmat Rayyan Nasution, diantaranya menyangkut pembangunan sarana air bersih di desa itu, rehabilitasi bangunan MDA termasuk pagar dan meubelair, Polindes serta perbaikan bantaran saluran pengairan ke areal persawahan Sianggunan.

Juga muncul permintaan masyarakat terkait bantuan alat-alat pertanian, tidak terkecuali bantuan alat-alat olahraga untuk kalangan muda yang tujuannya untuk kesejahteraan dan kemajuan masyarakat setempat.

Usai berkunjung ke Desa Usor Tolang, Rahmat Rayyan Nasution bersama rombongan juga berkesempatan menyerahkan berupa Al Qur’an dan tikar kepada MDTA Al-Khairat yang terdapat di Kelurahan Tamiang Kecamatan Kotanopan.Bantuan itu langsung diterima kepada sekolah MDTA Al- Khairat bersama pengurus lainnya serta beberapa tokoh masyarakat.

Beberapa hari sebelumnya, Rahmat Rayyan Nasution sudah melaksanakan kunjungan reses diberbagai tempat baik di wilayah Kecamatan Kotanopan, Panyabungan dan Muarasipogi, Selain untuk menyerap dan menindaklanjuti aspirasi konstituante, reses juga untuk memberikan pertanggungjawaban moral dan politis kepada konstituante di Dapil sebagai perwujudan perwakilan rakyat dalam pemerintahan. (M.Lubis).