Walikota Irsan Buka Lubuk Larangan di Aek Pardomuan Kelurahan Ujung Padang

WARTAMANDAILING.COM, Padangsidimpuan – Lubuk Larangan merupakan salah satu bentuk kearifan lokal yang berkembang pada masyarakat dalam memanfaatkan sumber daya perikanan perairan sungai khususnya di daerah Sumatra Utara dan lubuk larangan merupakan salah satu tradisi yang dapat menarik banyak minat masyarakat, terutama di Kota Padangsidimpuan.

Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution, SH, MM yang hadir dan membuka lubuk larangan di Kelurahan Ujung Padang Kec. Padangsidimpuan Selatan pada sambutannya sangat mengapresiasi pengelolan DAS (Daerah Aliran Sungai) yang dujadikan lubuk larangan.

Irsan berharap hasil dari dibukanya lubuk larangan ini dapat dimanfaatkan oleh warga kelurahan Ujung Padang.

Sebagai salah satu bentuk dukungan Pemerintah kepada masyarakat dalam menjaga kelestarian alam, kearifan lokal dan kehadiran Pemerintah di tengah – tengah masyarakat serta menjaga kesinambungan lubuk larangan ini saya akan memberikan bibit ikan untuk warga kelurahan ujung padang, Ucap Wako Irsan.

“Untuk banyaknya bibit ikan tesebut akan saya sampaikan kepada lurah setelah berkoordinasi dengan Dinas Pertanian,” jelas Irsan saat membuka Lubuk Larangan di Aek Pardomuan, Kelurahan Ujung Padang, Minggu (13/8/2023).

Sebelumnya, Ketua Panitia Lubuk Larangan Aek Pardomuan Kelurahan Ujung Padang Musilan mengucapkan terimaksaih kepada Bapak Walikota yang tealh berkenan hadir dan meluangkan waktu untuk membuka lubuk larangan Aek Pardomuan Kel. Ujung Padang.

Musilan menjelaskan bahwa lubuk larangan dibuat untuk menjaga kelestarian lingkungan di sekitar DAS dan lubuk larangan ini ada berkat dukungan dari Camat dan Lurah.

Read More

“Perlu saya sampaikan bahwa bibit ikan di lubuk larangan ini ada bantuan dari Camat dan Lurah sebanyak 65 kg, sedangkan 35 kg berasal dari swadaya masyarakat”, tuturnya.

Selanjutnya, mewakili masyarakat kel. Ujung Padang Suryanto berharap nantinya para pemancing bisa mendapatkan hasil yang memuaskan.

“sampai saat ini sudah ada 120 pemancing yang mendaftar ke meja panitia”, ucapnya.

hadir mendampingi Walikota, Kasalpol PP, Kadis PUTR, Kadis PMD dan Kabag Protokol & Komunikasi Pimpinan Setda Kota Padangsidimpuan. (r)

Related posts