Peduli Kemanusiaan, MUI Kotanopan Galang Donasi Untuk Warga Palestina

Pengurus MUI Kotanopan bekerjasama dengan Karang Taruna, santri Ponpes Subulussalam Sayurmaincat dan siswa SMA Negeri 1 Kotanopan ketika melakukan penggalangan donasi untuk Palestina dari pedagang dan pembeli serta masyarakat lainnya di pekan Pasar Kotanopan, Sabtu (04/11/2023). (Wartamandailing / Munir Lubis ).
Pengurus MUI Kotanopan bekerjasama dengan Karang Taruna, santri Ponpes Subulussalam Sayurmaincat dan siswa SMA Negeri 1 Kotanopan ketika melakukan penggalangan donasi untuk Palestina dari pedagang dan pembeli serta masyarakat lainnya di pekan Pasar Kotanopan, Sabtu (04/11/2023). (Wartamandailing / Munir Lubis ).

WARTAMMANDAILING.COM, Mandailing Natal – Majelis Ulama Indonesia ( MUI ) Kecamatan Kotanopan Kabupaten Mandailing Natal, mengadakan aksi kemanusiaan berupa penggalangan donasi untuk membantu rakyat Palestina dengan menyasar para pedagang, pembeli serta masyarakat lainnya di Pasar Kotanopan, Sabtu (04/11/2023).

Hal tersebut disampaikan Ketua MUI Kotanopan H. Laung Lubis didampingi Sekretaris Lokot Husda Lubis beserta beberapa pengurus lainnya kepada Warta Mandailing, Minggu ( 05/11/2023). “ Dalam dua terakhir ini ada dua kegiatan yang digelar MUI Kotanopan,” ucapnya.

Kegiatan pertama kata mereka, melaksanakan Safari Jum’at yang dipusatkan di Masjid Raya Kelurahan Pasar Kotanopan. Hadir dalam kesempatan itu Muspika Kotanopan, Kepala KUA Kotanopan M.Ikhwan Lubis, Ketua MUI H. Laung Lubis bersama Sekretaris Lokot Husda Lubis.

Juga hadir Bendahara MUI M. Daud Lubis dan Komisi Pemberdayaan Ekonomi Umat Makmur Pinanyungan Lubis, Ketua Komisi Infomasi dan Komunikasi Munir Lubis serta beberapa pengurus lainnya.

“ Kegiatan Safari Jum’at merupakan agenda kegiatan MUI Kotanopan dilaksanakan setiap bulannya. Selain menjadi khatib dan imam, pengurus MUI juga bersilaturrahmi dan tatap muka dengan masyarakat untuk mendengarkan keluhan masyarakat terkait hal-hal keagamaan ,” ujar Lokot Husda Lubis.

Untuk kegiatan kedua, yaitu pada Sabtu (04/11/2023) melaksanakan penggalangan donasi untuk membantu warga Palestina di Pasar Kotanopan. Penggalangan donasi untuk Palestina ini disambut baik oleh masyarakat, pedagang dan pembeli yang kebetulan hari itu merupakan hari pekan.

Dalam kegiatan tersebut, MUI Kotanopan menggandeng beberapa santri Pondok Pesantren Subulussalam Sayurmaincat dan siswa SMA Negeri 1 Kotanopan serta Karang Taruna Kotanopan. Penggalangan donasi yang dilaksanakan di Pasar Kotanopan berhasil mengumpulkan dana sebanyak Rp 4.020.000.

Read More

Lokot menjelaskan, aksi penggalangan dana bertujuan untuk menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan dan keadilan. Sebab, saat ini bangsa Palestina masih menghadapi serangan tentera Israel yang telah mengakibatkan ratusan jiwa warga Palestina, termasuk anak-anak dan peremuan meninggal dunia.

“ Hari ini kita mengajak masyarakat untuk mendukung perjuangan rakyat Palestina. Selain doa, simpati rasa kepeduli, sosial terhadap sesama dan bantuan donasi perlu digalang sebagai usaha untuk memberikan dukungan moral kepada bangsa Palestina supaya mendapatkan kembali hak-haknya sebagai sebuah bangsa yang merdeka ,” terangnya.

Terkait hasil pengumpulan donasi yang berjumlah Rp 4.020.000,- disebutkan Lokot Husda akan diserahkan bersama dengan hasil penggalangan dana yang dilakukan oleh pihak Kecamatan Kotanopan melalui lembaga kemanusiaan yang berwenang.

“ Kami menyampaikan ucapan terima kasih kepada masyarakat yang telah ikut berpartisipasi dalam membantu saudara-saudara kita yang terkena musibah di Gaza Palestina. Meski dana yang terkumpul tidak seberapa, semoga dapat meringankan beban penderitaan yang dirasakan saudara-saudara di Palestina , “ tambahnya.

MUI Muarasiongi Galang Donasi
Pada dua hari yang lalu atau tepatnya ada Kamis ( 02/11/2023), Majelis Ulama Indonesia ( MUI ) Kecamatan Muarasipongi Madina juga menggalang donasi bantuan untuk Palestina. Pengurus MUI dibantu Naposo Bulung mengumpulkan dana juga dengan menyasar para pedagang dan pembeli di pasar Muarasipongi yang kebetulanpada hari itu merupakan hari pekan.

Kepala KUA Muarasipongi H.Fachrurozi Parinduri selaku dan Ketua MUI Muarasipongi Thamrin tampak ikut dalam aksi galang donasi untuk meringankan penderitaan masyarakat Palestina akibat penyerangan Israel.

“Aksi penggalangan donasi merupakan inisiatif pengurus MUI bekerjasama KUA dan pemuda setempat. Sebagai bentuk rasa peduli dan kemanusiaan untuk saudara-saudara kita di Palestina, kita juga mengupayakan penggalangan donasi dari pembeli dan pedagang di Pasar Muarasipongi ,” ucap Thamrin.

Menurutnya, hasil donasi yang berhasil dikumpulkan di Pasar Muarasipongi mencapai Rp. 3.410.500,- dan nantinya akan disalurkan melalui pihak yang berwenang memberikan bantuan untuk warga Palestina.

Sedangkan Kepala KUA Muarasipongi H.Fachrurozi Parinduri menyambut baik aksi penggalangan donasi yang diinisiasi pengurus MUI Muarasipongi itu.” Kita ikut membantu mengumpulkan donasi. Walaupun jumlahnya sedikit, semoga bantuan yang kami kumpulkan ini bermamfaat dan tepat sasaran bagi saudara-saudara kita di Palestina ,” tuturnya.(M.Lubis ).