Musdes Sikara-kara ll Ditetapkan Sejumlah Prioritas Kegiatan Dana Desa Tahun 2024

Kepala Desa Sikarakara ll Mohalli saat memberikan pemahaman penggunaan dana desa kepada masyarakat, Rabu (7/2/2024) fhoto : Istimewa.
Kepala Desa Sikarakara ll Mohalli saat memberikan pemahaman penggunaan dana desa kepada masyarakat, Rabu (7/2/2024) fhoto : Istimewa.

WARTAMANDAILING.COM, Mandailing Natal – Pemerintahan Desa (Pemdes) Sikara-kara II , Kecamatan Natal, Kabupaten Mandailing Natal (Madina) gelar Musyawarah Desa (Musdes) Penetapan APBDes Tahun Anggaran 2024, Musyawarah dilaksanakan oleh Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di Aula Kantor Desa Sikara-kara II, Rabu (7/2/2024) berjalan dengan aman.

Musdes dihadiri seluruh Perangkat Desa, juga Pemerintah Kecamatan Natal yang diwakili oleh Kasi Trantib Slamet Sunarto,S.Pd, Pendamping Desa (PD) Raimansyah, Karang Taruna, Babinsa, serta Bhabinkamtibmas.

Raimansyah Pendamping Desa Sikara-kara ll menjelaskan ada beberapa regulasi dan ketentuan yang mengatur tentang Skala Prioritas Nasional dan Daerah atas Penggunaan Dana Desa Tahun 2024.

“Perlu dipahami dan dicermati Dana Desa hadir bukan untuk membuat masalah, tetapi Dana Desa hadir untuk menyelesaikan masalah di tengah-tengah masyarakat desa, “ujar Raimansyah.

Ketua BPD Sikara-kara II Siti Marwiyah dalam pidatonya menghimbau kepada seluruh masyarakat agar menyampaikan usulan terbaik yang dibutuhkan masyarakat guna ditetapkan sebagai APBDes Tahun 2024.

“Apa yang dibutuhkan masyarakat diharapkan untuk segera diusulkan agar bisa kita putuskan dan tetapkan, “ungkap Siti Marwiyah.

Sementara itu, Kepala Desa Sikara-kara II Mohalli dalam sambutannya mengatakan, “bahwa Musdes ini merupakan acuan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa setahun ke depan, untuk itu, penting untuk bersama-sama mempertimbangkan mana usulan yang harus kita prioritaskan lebih dulu.

Read More

“Sehingga apa yang kita tetapkan pada APBDes di Tahun 2024 ini adalah kegiatan yang memang dibutuhkan oleh masyarakat desa, “ucap Mohali.

fhoto : tampak sejumlah perangkat dan warga Desa Sikarakara ikuti Musdes di aula kantor Desa.

Diketahui, adapun Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2024 Desa Sikara-kara II yang disepakati bersama masyarakat melalui Musyawarah desa ini adalah Pembangunan MCK Umum Desa, Penimbunan Jalan Usaha Tani, Pengadaan Alat Rebana MDTA, Pengadaan Baju Kader Posyandu, Pengadaan Baju Kader KB, Renovasi Kantor Posyandu Desa, Pembangunan Gudang STM. (Mhd. Ali Hanafiah)