Menu
Warta Mandailing

Presiden Joko Widodo Pastikan Seluruh ASN Pusat Pindah ke Ibu Kota Baru Tahun 2024

  • Bagikan
Presiden Jokowi berharap rakyat Indonesia ikut berdoa demi suksesnya tim evakuasi WNI di Wuhan (Foto:Istimewa)

WARTAMANDAILING.COM, Jakarta – Rencana pemerintah untuk memindahkan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan Timur akan berdampak pada para ASN yang bekerja di pemerintahan pusat. Menurut Presiden Joko Widodo, seluruh ASN tersebut dipastikan akan pindah ke Kaltim pada 2024 mendatang.

“Pindah semuanya (di tahun 2024), langsung,” tegas Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Jumat (17/1/2020).

Saat ini, Jokowi sudah memerintahkan Menpan RB Tjahjo Kumolo untuk mendata respons ASN terkait rencana tersebut. Sehingga, pihak pemerintah bisa mengetahui pendapat para ASN terlebih dahulu.

“Sudah kita perintahkan kepada Menpan RB untuk mensurvei dulu, kira-kira yang ingin enggak pindah berapa persen. Kita harus tahu, dong,” tutur Jokowi.

Jokowi sebelumnya juga mengaku sudah merampungkan draf UU Ibu Kota Baru yang akan diajukan ke DPR. Rencananya, draf tersebut akan dibawa ke DPR pekan depan.

Nantinya, draf tersebut akan dibahas dan diputuskan bersama antara pemerintah dan DPR. Dalam draf itu, juga akan mengatur status wilayah Ibu Kota baru, apakah tergabung dengan Kalimantan Timur atau menjadi provinsi baru.

“Nanti di Ibu Kota, dibentuk yang namanya Badan Otoritas Ibu Kota. Mengenai pemerintahan, kemungkinan masih di bawah Provinsi Kaltim. Tapi nanti kan ini pembahasan di dewan, ya. Bisa saja nanti bisa berubah,” tandasnya.

Sumber berita : Kumparan News

  • Bagikan